Rabu, 26 September 2018 04:08 WIB
pmk

Nusantara

Ricka Dwitrayani, Dokter Gigi Cantik Penakluk Gunung Himalaya

Redaktur:

HOBI-Drg Ricka Dwitrayani penakluk gunung-gunung tinggi di Indonesia dan mancanegara. DOK PRIBADI

INDOPOS.CO.ID - TAK hanya berparas cantik. Tapi dia juga seorang dokter gigi. Namun, hobinya sungguh di luar dugaan. Naik gunung! Dari gunung Rinjani hingga gunung Himalaya pernah didaki wanita bernama lengkap drg Ricka Dwitrayani itu. Berikut kisahnya.

Raut mukanya selalu segar. Senyummannya terus mengembang. Pembawaannya juga tenang. Itulah kesan ketika bertemu dengan drg Ricka Dwitrayani. Di balik ciri feminimnya itu, ternyata dia adalah wanita super. Tak hanya mampu menaklukkan kuman-kuman di gigi pasiennya, tapi gunung-gunung tinggi juga berhasil ia daki.

Apa yang dilakukan drg Ricka seakan mematahkan pandangan kebanyakan orang. Yakni, olahraga mendaki gunung hanya milik kaum pria. drg Ricka membuktikan, kaum wanita pun bisa menaklukkan gunung-gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan luar negeri.

”Saya suka naik gunung sejak remaja, semua bermula saat saya mendaki Gunung Rinjani bersama orang tua,” tutur wanita 28 tahun ini pada Lombok Post. Sejak itulah, Anak kedua dari tiga bersaudara ini seperti terhipnotis. Ia begitu menikmati segala sesuatu yang berkaitan dengan gunung. Mulai pohon yang rimbun, tanah yang subur, batu besar dengan segala bentu, air yang jernih, binatang langka, udara sejuk dan langit indah yang dilihatnya tanpa terhalang gedung-gedung tinggi.

”Sejak saat itu saya mulai suka dengan gunung, saking cintanya. Saat masuk SMA, saya langsung masuk organisasi pecinta alam (Palasma),” tuturnya. Tak tanggung-tanggung, drg Ricka remaja, telah berhasil menaklukkan sejumlah gunung-gunung tertinggi. Seperti Gunung Rinjani, Gunung Tambora, Gunung Agung, Gunung Gede, Gunung Sindoro, hingga Merbabu.

”Saya juga sempat naik gugusan atau jajaran pegunungan Himalaya yang ada di Nepal belum lama ini, namanya Annapurna Base Camp. Gugusan pegunungan ini keren banget, amazing deh,” ungkap alumni Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Jawa Timur itu.

Selama berbincang dengan Lombok Post, drg Ricka tak lupa memamerkan puluhan foto cantiknya saat tengah mendaki pegunungan Himalaya. Dalam foto terlihat drg Ricka begitu enjoy menapakkan kakinya di tumpukan salju tebal.

”Orang tua tahu kalau saya suka naik gunung, mungkin kalau ditanya orang-orang, mereka jawabnya pasrah (sama hobi saya ini),” ujarnya sembari tersenyum. Memiliki hobi ekstrem di tengah pekerjaan yang cukup padat, membuat drg Ricka harus pintar-pintar membagi waktu. Maklum saja, ia tergolong orang sibuk dengan profesinya sebagai dokter.

”Setiap orang pasti butuh libur, termasuk juga seorang dokter. Nah cara menghilangkan stress atau pikiran, ya naik gunung. Asyik lo naik gunung itu,” ucapnya. Ia menuturkan, beberapa pasiennya bahkan penasaran dengan hobi ekstrem yang ia geluti itu. “Para pasien dan teman-teman bahkan ada yang penasaran, gimana sih rasanya naik gunung. Antusias mereka oke kok, dengan hobi saya,” terang pemilik akun Instagram @rickadwitrayani. Di akun IG-nya inilah drg Ricka kerap membagikan cerita-cerita uniknya selama mendaki.

Setelah mendaki gugusan pegunungan Himalaya, dokter cantik ini  sekarang punya target tak kalah menantang. Ia berencana menaklukkan beberapa gunung tinggi lainnya.”Meskipun pernah hampir kekurangan oksigen saat di puncak (karena O2nya menipis), saya tetap mencintai hobi (esktrem ini). Naik gunung itu asyik, apalagi kalau di jajaran pegunungan Himalaya, selain bisa jalan-jalan, kita juga bisa menyaksikan keindahan ciptaan tuhan,” pungkasnya. (NATHEA CITRA SURI, Mataram)


TOPIK BERITA TERKAIT: #boks 

Berita Terkait

IKLAN