Minggu, 18 November 2018 06:57 WIB
pmk

Nasional

Bachtiar Nasir: Malu Kalau Berat Badan Kita Lebih Berat dari Hewan Kurban

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Berkurban saat hari raya Idul Adha memang diharuskan bagi setiap umat Islam yang mampu. Namun bagi mereka yang mampu bukan berarti hanya sekadar memberikan hewan untuk dikurbankan.

Menurut Ustadz Bachtiar Nasir, kondisi fisik dan kesehatan hewan yang akan dikurbankan harus diperhatikan. Artinya kondisi fisik dan kesehatan hewan tersebut harus baik.

"Malu kalau berat badan kita lebih berat dari hewan kurban yang akan dikurbankan," ujar Ustadz Bahtiar saat peluncuran program Global Qurban bertema 'Indonesia Berqurban, Bangsa dan Dunia Menikmatinya' oleh Global Qurban di Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Di samping itu, Bahtiar juga mengingatkan ada hal lainnya yang juga perlu diperhatikan dalam berkurban. Di antaranya, soal jenis hewan kurban yang diperbolehkan, status kepemilikan hewan, usia hewan kurban dan kurban dengan urunan atau patungan.

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) itu juga menjelaskan hukum berkurban menggunakan uang yang diperoleh dari utang. "Hukumnya, utang diperbolehkan untuk kurban. Asalkan kita mampu melunasinya," terang Ustadz Bahtiar. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ustadz-bachtiar-nasir #global-qurban #indonesia-berqurban #idul-adha #idul-qurban #aksi-cepat-tanggap-act 

Berita Terkait

IKLAN