Jumat, 21 September 2018 01:11 WIB
pmk

Kesehatan

Tips Ibu Baru Mengajak Anak Makan Makanan Sehat

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Tak sedikit orangtua baru yang mengeluh sulit mengajarkan anak mereka untuk makan makanan sehat seperti sayur dan buah.

Bagaimana sih caranya agar anak mau makan tanpa harus memarahi, mengancam, atau bahkan menyogok

Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, membagikan beberapa tips khusus bagi orangtua muda dalam menghadapi anak yang tidak suka makan sayur dan buah:

1. Ajak anak terlibat
Saat anak enggan memakan buah, dibutuhkan peran orangtua agak lebih proaktif. Salah satunya, menanyakan pada anak Anda, hal-hal apa yang ia sukai. Jika anak Anda suka masak, ajak dia memasak.

"Mengajak ajak menyiapkan makanan merupakan cara terbaik agar anak mau makan, makanan sehat dan mencoba resep baru," jelasnya

2. Menjadi Model
Jika anda makan makanan sehat, kemungkinan besar anak anda pun akan melakukan hal serupa.

"Berikan contoh kepada anak tentang sayur dan buah adalah kuncinya," ujarnya

3. Berikan contoh superhero
Jika anak Anda menyukai superhero, motivasi dirinya agar jika memakan makanan sehat, dirinya bisa menjadi layaknya superhero.

"Kasih aja contoh superhero seperti hulk, kenapa dia bisa gede, kenapa dia tinggi. Ya karena yang dia makan adalah sayur dan buah-buah," tambahnya

4. Kreatif
Para ibu baru biasanya mudah kehabisan ide dalam menyediakan makanan sehat untuk anak. Bagaimana solusinya?

"Cobalah kreatif. Menggabungkan makanan salah satu contoh mudah, misalnya sayuran dibikin nugget agar tidak terlihat sayurannya. Atau buah bisa dijus dan dibuat ice cream," tutupnya

Sekali lagi, dalam memilih makanan, libatkan anak saat berbelanja dan menyiapkannya, entah itu cemilan ataupun sarapan dan makan malamnya. (cr3)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips #kesehatan 

Berita Terkait

IKLAN