Jumat, 16 November 2018 09:19 WIB
pmk

Indosport

Presiden Jokowi Berikan Piagam Juara Provinsi Honda DBL

Redaktur: Ali Rahman

Presiden Joko Widodo saat meresmikan pembukaan liga Honda DBL 2018 pada 12 Mei 2018 di Istana Kepresidenan Bogor. Presiden bermain basket bersama alumni peserta Honda DBL dari berbagai provinsi. Foto: DBL untuk INDIPOS.

INDOPOS.CO.ID - Honda DBL (Developmental Basketball League) kembali bergulir besok, Jumat (20/7), musim 2018 liga basket pelajar terbesar di Indonesia akan dimulai di Surabaya dalam rangkaian Honda DBL East Java Series-North Region.

Memasuki musim ke-15 tahun ini, Honda DBL akan lebih istimewa dengan piagam penghargaan Presiden Joko Widodo untuk masing-masing juara provinsi.
 
Liga basket yang dimulai pada 2004 itu menarik perhatian RI 1. Bahkan, launching musim 2018 diselenggarakan di Istana Kepresidenan Bogor pada 12 Mei lalu. Ketika itu Jokowi bermain basket bersama enam alumni Honda DBL bersama beberapa menteri Kabinet kerja. 
 
“Honda DBL ini sudah berlangsung sangat lama. Dari kota ke kota dan dari provinsi ke provinsi. Kita lihat sangat bagus. Dari sana, kita bisa pilih untuk Timnas satu persatu,” kata Presiden Jokowi seusai bermain basket bersama alumni DBL. 
 
Memang, sumbangsih Honda DBL untuk Timnas terbilang besar. Pada Asian Games 2018  yang akan diselenggarakan mulai 18 Agustus mendatang, banyak jebolan Honda DBL yang membela Timnas Indonesia. Dari daftar pemain yang dirilis Timnas basket putri Indonesia, sebanyak 60 persen pemain adalah alumni Honda DBL. Sedangkan pada sektor putra mencapai 40 persen. 

Basket menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia di ajang olahraga paling akbar di Asia tersebut. Selain cabang olahraga basket, juga dilombakan 3X3. Indonesia akan menurunkan tim putra maupun putri. 
 
Honda DBL bisa menyumbangkan begitu banyak pemain untuk Timnas tidak lepas dari tingginya partisipasi studentathletesetiap tahunnya. Lebih dari 40 ribu peserta tiap tahun yang terlibat. Tahun ini, liga akan diselenggarakan di 30 kota di 22 provinsi. Berkembang dari 25 kota di 22 provinsi tahun lalu. 
 
Presiden Jokowi sendiri sudah lama memberi perhatian pada Honda DBL. Pada 2010, sewaktu Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo, dia sudah membuka gelaran Honda DBL Central Java Series 2010. 

Tahun ini, Honda DBL akan mengusung Full Time Student, Full Spirit Athlete. DBL tetap fokus pada komitmen supaya atlet takhanya berprestasi di bidang basket. Mereka juga wajib untuk berprestasi di bidang akademis agar seimbang. 

“Sejak awal pendaftaran kami menekankan dengan penyaringan nilai raport. Peserta yang tidak naik kelas tidak boleh ikut liga,” kata Wakil Direktur DBL Indonesia, Donny Rahardian.
 
Mulai di Surabaya (Honda DBL East Java Series–North Region ) pada 20 Juli, empat kota lain bakal menyusul di bulan yang sama. Diantaranya adalah Honda DBL West Sumatra Series 2018 di kota Padang (27 Juli), Honda DBL South Kalimantan Series di kota Banjarmasin (27 Juli), lalu Honda DBL Aceh Series (30 Juli), serta dan Honda DBL East Java Series 2018 –South Region (31 Juli). (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #presiden-jokowi #honda-developmental-basketball-league #donny-rahardian 

Berita Terkait

Jokowi Jenguk BJ Habibie di RSPAD

Nasional

Presiden: Idul Adha Momentum Berbagi untuk Lombok

Headline

Tanpa Iriana, Jokowi Salat Ied di Bogor

Nasional

IKLAN