Sabtu, 17 November 2018 12:08 WIB
pmk

Indobisnis

BTN Gelontorkan Kredit PNS Lebak

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - PT Bank Tabungan Negara (BBTN) menjalin  kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari. Relasi itu untuk menyediakan rumah untuk sekitar 10 ribu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lebak. Melalui kemitraan itu, PNS Pemkab Lebak bisa memiliki rumah murah di kawasan kota baru yakni Maja. 
 
Direktur Bank BTN Budi Satria mengatakan selain untuk mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah, kemitraan itun juga sebagai bentuk partisipasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Pasalnya, melalui kerja sama itu, akan dibangun hunian di atas lahan seluas 1.500 hektar (ha) di Maja. Proyek berlabel Perumahan Bintang Maja Lestari itu akan dibangun secara bertahap.
 
“Tahap pertama, dibangun 2 ribu unit rumah seluas 37 ha. Rumah-rumah itu dapat dimiliki PNS Pemkab Lebak dengan skema KPR [kredit pemilikan rumah] terjangkau baik berskema subsidi maupun non-subsidi,” tutur Budi di Jakarta, Kamis (19/7).
 
BTN tidak sekadar menyediakan KPR bagi PNS Pemkab Lebak, tetapi juga memberikan kredit kontruksi untuk pembangunan kawasan perumahan tersebut. Selain itu, juga menyediakan produk dan layanan perbankan bagi Pemkab Lebak. Itu diberikan untuk kemudahan instansi dalam bertransaksi keuangan.
 
Sesuai RPJMN 2015-2019, ada 10 kawasan perkotaan baru akan dibangun pemerintah. Di antaranya yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja. Kawasan Maja tercatat memiliki luas sekitar 15 ribu ha dan mampu menampung hingga 1,2 juta jiwa. Kawasan itu akan dilengkapi fasilitas umum seperti akses tol dan stasiun kereta dari dan menuju Jakarta.
 
Sementara itu, dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah, BTN telah menyalurkan kredit perumahan untuk 423.303 unit rumah pada semester pertama 2018. Penyaluran itu setara 56,44 persen dari target perusahaan untuk Program Satu Juta Rumah sebanyak 750 ribu unit. “Kami terus menggelar berbagai kemitraan dan inovasi untuk meningkatkan penyaluran kredit dalam mendukung program pemerintah,” kata Budi.
 
Hingga semester pertama 2018, Bank BTN mencatat penyaluran kredit dan pembiayaan senilai Rp 189,6 triliun. Posisi itu naik 19,17 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp 159,12 triliun pada periode sama tahun sebelumnya. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-btn #kredit-pns-lebak #pemkab-lebak #budi-satria #program-satu-juta-ruma 

Berita Terkait

BTN Siapkan Kado Akhir Tahun 

Ekonomi

Irigasi Bojong Cae Rusak Lagi

Banten Raya

Walhi Desak Pemkab Tindak Pencemar Sungai Ciujung

Banten Raya

Performa BTN Menjanjikan

Ekonomi

BTN Caplok Manajemen Investasi

Indobisnis

IKLAN