Jumat, 21 September 2018 01:12 WIB
pmk

Indobisnis

Dorong Ekspor RI, BNI Beri Kredit Berdenominasi Yen

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Upaya untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekspor Indonesia terus dilakukan dengan berbagai terobosan baru. Salah satunya dengan pemberian kredit berdenominasi Yen melalui PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Direktur Tresuri dan Internasional BNI, Rico Rizal Budidarmo mengatakan, kredit berdenominasi Yen ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh bank lokal di Indonesia. Sistem pemberian kredit itu menggunakan skema jaminan SBLC untuk perusahaan-perusahaan berorientasi ekspor.  

"Skema kredit ini menggunakan pola penjaminan berupa  Standby Letter of Credit (SBLC) dari parent company yang berada di Jepang dan diterbitkan oleh bank rekanan BNI di Jepang," kata Rico kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Jumat (20/7).

Dengan pola ini, maka assesment  risiko ditekankan kepada  Counterparty (bank penerbit/penjamin SBLC), bukan kepada calon debitur. Pola ini memberikan alternatif jaminan yang semula  berupa fixed asset menjadi jaminan dari perbankan Jepang berupa SBLC. 

"Pinjaman dalam bentuk Yen ini dimungkinkan dengan adanya dukungan dari Cabang BNI yang berada di Tokyo, Jepang dan juga dari bank rekanan BNI di Jepang, yaitu The Hyakujushi Bank Ltd. Jadi BNI dapat memberikan pinjaman Yen dengan bunga yang kompetitif," ujarnya.

Skema pinjaman dengan jaminan SBLC ini relatif lebih mudah diaplikasikan bagi perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia. Karena hanya menggunakan syarat satu tahun untuk laporan keuangan perusahaan dan jaminan SBLC dari bank mereka yang berada di Jepang. 

Pemberian pinjaman kepada perusahaan Jepang ini merupakan bentuk komitmen BNI dalam mendorong atau mendukung investasi asing khususnya perusahaan-perusahaan Jepang di Indonesia dan sekaligus memberikan layanan perbankan secara menyeluruh kepada nasabah dari pelaku UKM asal Jepang.

Dengan begitu, dihatapkan UKM Jepang dapat tertarik untuk mendapatkan pembiayaan melalui skema ini. Bila ada perusahaan Jepang yang telah menggunakan bank lain, tentunya mereka akan mereferalkannya kepada perusahaan Jepang lainnya.

Pastinya, persaingan global dewasa ini sangat menuntut perusahaan-perusahaan lokal yang berorientasi ekspor untuk lebih efisien dalam hal cost of money. Maka dengan jaringan global dan dukungan dari kantor cabang BNI yang berlokasi di tujuh negara, BNI dapat memberikan dukungan dalam bentuk International Banking Product melalui skema pembiayaan yang lebih menarik dan kompetitif. 

"Tentunya kerja sama ini merupakan bentuk dukungan terhadap peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dengan Jepang," sebutnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kredit-berdenominasi-yen #bank-bni #rico-rizal-budidarmo 

Berita Terkait

BNI Bantu Peningkatan Ekspor

Indobisnis

BNI Bantu Peningkatan Ekspor

Indobisnis

Dukung Ekspor, BNI Salurkan Kredit di Hong Kong

Ekonomi

Petani Garam NTT Terima KUR

Nusantara

Ini Cara BNI Bantu Korban Gempa Lombok

Nusantara

IKLAN