Kamis, 20 September 2018 08:15 WIB
pmk

Ekonomi

Tumbuh Signifikan

Redaktur:

OPTIMISTIS - Managing Director Bosch Indonesia Andrew Powell saat pemaparan laporan tahunan Bosch tahun 2017, Rabu (18/7/2018). Penjualan di tahun 2017 mencapai Rp 1,6 Triliun dengan pertumbuhan mencapai 28 persen.

INDOPOS.CO.ID - Bosch, perusahaan penyedia layanan dan teknologi asal Jerman, mengakhiri tahun fiskal 2017 dengan torehan manis. Perusahaan sukses membukukan penjualan terkonsolidasi Indonesia Rp 1,6 triliun (104 juta euro). Pertumbuhan itu berarti 28 persen dibanding tahun sebelumnya.

Karena itu, tahun ini perusahaan berharap terus tumbuh di angka dua digit. Tahun lalu perusahaan melakukan langkah besar dalam memperkuat struktur perusahaan. Memperluas saluran distribusi dan menyelesaikan berbagai proyek penting. ”Jadi, secara keseluruhan, langkah-langkah itu mendorong peningkatan pada omset,” tutur Managing Director Bosch Indonesia, Andrew Powell, di Jakarta, Kamis (19/7).

Powell melanjutkan, perkembangan sektor otomotif, infrastruktur, dan proyek komersial, turut mendorong pertumbuhan. ”Kami memperluas jangkauan geografis, portofolio produk, dan layanan perusahaan. Upaya itu memungkinkan untuk memasuki segmen pasar baru,” imbuhnya.

Bosch optimistis dengan kondisi di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan terus berlanjut dan menghadirkan banyak peluang. Tahun ini, Bosch Indonesia akan menjajaki wilayah Makassar, Palembang, dan Jayapura sebagai lokasi kantor-kantor cabang baru. Ketiga kota itu, akan membuka akses lebih besar pada segmen pasar yang menjanjikan. Antara lain pertanian, infrastruktur, dan pertambangan, yang merupakan industri penting bagi Bosch.

Sementara pada sektor otomotif, Bosch di Indonesia fokus pada upaya lokalisasi untuk beragam produk dan komponen otomotif. Pada April 2018, Bosch memproduksi unit kontrol elektronik (ECU) berlabel Made in Indonesia perdana di fasilitas powertrain di Cikarang, Jawa Barat. Pada Oktober 2017, Bosch mendapat hak penggunaan lahan di Cikarang untuk pengembangan jejak lokal yang potensial di masa depan.

Itu didasari sekitar sepertiga total penjualan mobil tahunan kawasan ASEAN dari Indonesia. Berdasar data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 5,88 juta unit selama 2017 – terbesar di Asia Tenggara (dan ketiga tertinggi di dunia).

Strategi lain di tahun 2018, penjualan secara online menjadi faktor pertumbuhan yang semakin penting bagi perusahaan. Bosch menghadirkan gerai-gerai unggulan di platform e-commerce paling terkemuka di Indonesia, meliputi Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, JD.id, dan iLotte. (dew)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bosch #perusahaan-penyedia-layanan-dan-teknologi-asal-jerman 

Berita Terkait

IKLAN