Selasa, 25 September 2018 02:34 WIB
pmk

Hukum

DPN Peradi Dukung MA soal Pelaksanaan e-Court

Redaktur: Ali Rahman

Ketua DPN Peradi Juniver Girsang (kiri) dan Dirjen Peradilan Umum Hery Swantoro (kanan) saat menyampaikan keterangan pers di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/7). Foto: Yudha Krastawan/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) mendukung pelaksanaan peraturan Mahkamah Agung No 3 tahun 2018 tentang administrasi perkara di pengadilan secara elektronik (e-Court). 

Dukungan itu dengan melakukan sosialisasi e-Court bersama Mahmakah Agung (MA) kepada para advokat di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/7). "Sosialisasi ini sangat penting karena advokat nantinya wajib mengikuti aplikasi e-Court," ujar Ketua DPN Peradi, Juniver Girsang. 

Dijelaskan Juniver dengan sistem e-Court ini  para advokat ketika menangani suatu perkara perdata tidak perlu datang lagi ke pengadilan untuk mendaftar. Mereka cukup mendaftar melalui e-Filling sehingga mencegah terjadinya transaksi antara advokat dengan petugas di pengadilan. "Sistem E-Court ini dapat mempersempit adanya interaksi langsung antara advokat dengan pegawai pengadilan sehingga meminimalisir terjadinya  transaksi dengan petugas pengadilan," ujarnya. 

Di tempat yang sama, Dirjen Badan Peradilan Umum Heri Swantoro menyatakan aplikasi e-Court merupakan suatu sistem layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara perdata secara online, sekaligus nantinya akan mendapatkan taksiran panjar biaya perkara pembayaran secara online dan pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik. "MA membuat aplikasi e-Court  ini untuk mempermudan administrasi perkara perdata secara elektronik," ungkapnya. 

Dengan adanya sistem E-Court diharapkan dapat meningkatkan citra peradilan yang bersih dengan biaya yang murah serta proses yang cepat. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #perhimpunan-advokat-indonesia #peraturan-mahkamah-agung-no-3-tahun-2018 #administrasi-perkara-di-pengadilan #e-court #juniver-girsang #dirjen-badan-peradilan-umum #heri-swantoro 

Berita Terkait

Peradi Imbau Para Advokat Segera Daftar E-Court 

Nasional

IKLAN