Senin, 19 November 2018 02:38 WIB
pmk

Kesehatan

Air Liur Nyamuk Bisa Mengubah Sistem Kekebalan Tubuh, Benarkah?

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Air liur nyamuk ternyata bisa meningkatkan tingkat keparahan penyakit. Ketika nyamuk menggigit, ratusan protein berbeda memasuki aliran darah, dengan mengantarkan potensi patogen.

Beberapa protein ini membantu nyamuk mengisap darah dari Anda. Tetapi mereka mungkin juga memiliki efek lebih luas, meningkatkan keparahan penyakit sehingga menyebabkan respon kekebalan signifikan selama beberapa hari setelah digigit.

Penelitian  juga di masa lalu juga menunjukka beberapa sifat gigitan nyamuk, bisa memperparah penyakit karena patogen di dalam air liur serangga dengan mulut belalai ini bisa membuat masalah besar bagi kesehatan.

Seluruh dunia, 750.000 orang meninggal setiap tahun karena penyakit dari nyamuk, termasuk malaria, demam berdarah, West Nile, Zika dan chikungunya.

Pilihan pengobatan sering terbatas untuk penyakit-penyakit ini dan insiden mereka diperkirakan akan meningkat dalam beberapa dekade mendatang, karena kisaran inang dari beberapa jenis nyamuk meningkat karena perubahan iklim.

Memahami bagaimana air liur nyamuk berinteraksi dengan sistem kekebalan manusia, bukan cuma membantu  memahami mekanisme patogenesis penyakit tetapi juga dapat memberikan ruang untuk menyembuhkan penyakit dari air liur nyamuk

Bila mengetahui komponen saliva nyamuk bisa meningkatkan patogenesis penyakit, manusia bisa membuat vaksin untuk menangkal penyakit berasal dari air liur nyamuk. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Bayi Prematur Juga Bisa Tumbuh Optimal

Internasional

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

IKLAN