Kamis, 20 September 2018 12:38 WIB
pmk

Total Sport

Kontingen Indonesia Siap Tempur di Multievent Pelajar Asia Tenggara

Redaktur: Redjo Prahananda

Kontingen Indonesia saat mengikuti pembukaan ASG di Malaysia. Ist

INDOPOS.CO.ID - Kejuaraan olahraga khusus pelajar, ASEAN School Games (ASG) 2018 secara resmi dibuka Menteri Pendidikan Malaysia Dr Maszlee bin Malik di Universiti Teknologi MARA (UiTM) Selangor, Malaysia.

Peresmian kejuaraan bertitel "Unity Through Sports" ini maka pertandingan sepuluh cabang olahraga dimulai. Kontingen Indonesia siap tempur di ajang multi-event bagi kalangan pelajar se-Asia Tenggara.

Delapan cabang  dipertandingkan di pertandingan hari pertama Sabtu (21/7), yaitu atletik, renang, bulu tangkis, bola voli, basket, senam (dua disiplin) dan squash.

Dalam sambutan di acara tersebjt, Menteri Pendidikan Malaysia menceritakan perjalanan kejuaran yang juga sebagai ajang solidaritas di Asia Tenggara. Sejak pertama kali digelar di Thailand 2009, ASG terus mengalami peningkatan baik peserta maupun prestasi.

"Saya percaya ASG bisa menjadi ajang mempersatukan pelajar di Asia.Melalui ajang ini saya percaya,  banyak pula atlet potensial masa depan lahir di ajang ini," kata Dr Maszlee bin Malik.

Menteri Pendidikan Malaysia ini bahkan mencontohkan atlet bulu tangkis Indonesia, Jonathan Cristie sebagai alumni dari ASG.  Jojo ini menjadi tumpuan tunggal putra Indonesia pada kejuaraan bulutangkis berskala dunia.

Ketua Komite ASG Datuk Amin bin Senin menegaskan, kegiatan ini selain sebagai ajang solidaritas pelajar di Asia Tenggara juga sebagai ajang untuk meraih prestasi. Dia memastikan ke depan ASG bakal mampu mencetak juara dunia

"Bukan cum prestasi olahraga saja   di ASG, namun juga ada pertukaran budaya dari negara-negara peserta," kata dia di menjelang pembukaan resmi oleh Menteri Pendidikan Malaysia.

1.131 atlet dari 10 negara ambil bagian di ASG 2018. Ada 10 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu atletik, renang, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, basket, senam (dua disiplin) dan squash. Sedangkan jumlah medali emas yang diperebutkan sebanyak 122 keping.

Sementara itu Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana berharap atlet Indonesia  mampu memberikan kemampuan terbaik. Mulyana optimistis dengan kemampuan atlet pelajar dari Indonesia

"Sebelum menjadi tuan rumah, kami berharap dapat modal  bagus di sini. Harapan kami atlet Indonesia mampu memberikan kemampuan terbaik,”

Indonesia sendiri pada ASG 2018 mengirim 158 atlet. Pada kejuaraan tahunan ini, Bambang Siswanto memimpin kontingen Indonesia. Dia berharap, Indonesia mampu meraih 26 emas atau minimal berada diposisi dua klasemen akhir. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #asg-2018 

Berita Terkait

IKLAN