Minggu, 18 November 2018 07:46 WIB
pmk

Nusantara

Tingkatkan Wisatawan ke Nusa Penida, Pemkab Klungkung terus Perbaiki Fasilitas

Redaktur: Ali Rahman

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat menerima penghargaan dari Menpar Arief Yahya pada acara Wonderful Indonesia Tourism Award yang berlangsung di Kantor Kemenpar pada Jumat malam (20/7).

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Bali berhasil menjadi top 10 kabupaten terbaik tingkat nasional dalam penganugerahan Wonderful Indonesia Tourism Award 2018. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya kepada Bupati Klungkung Bali I Nyoman Suwirta di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar pada Kamis, (20/7).

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang telah diberikan. “Saya ucapkan terimakasih bahwa Kabupaten Klungkung diberikan kepercayaan untuk menerima penghargaan ini, penghargaan ini merupakan hasil dari kinerja kami dalam mengembangkan wisata di Nusa Penida yang sedang mengalami peningkatan jumlah wisatawan dengan pesat," ujar Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta.

Hingga saat ini tercatat jumlah pengunjung di Nusa Penida yang mencapai 14 ribu per hari. “Ini merupakan suatu proses yang terus kami jalankan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yaitu dengan mengadakan sejumlah festival, promosi di media sosial dan sebagainya. Berbagai permasalahan yang ada juga kami atasi seperti perubahan cuaca yang ekstrem membuat akses menuju Nusa Penida sulit untuk dituju, namun kami berusaha untuk mencari solusinya," papar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menambahkan dengan terus memperbaiki fasilitas dan akses tentunya semakin meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Nusa Penida. “Nusa Penida adalah tempat yang sangat indah untuk snorkling dan diving, kami juga sedang membangun akses menuju Nusa Penida dengan membangun Pelabuhan Segitiga Emas yang menjadi penghubung antara Klungkung daratan dengan Nusa Lembongan, Ceningan dan Nusa Penida," tambah Suwirta.

Bupati Suwirta berharap dengan penghargaan ini Nusa Penida dapat menjadi salah satu penopang pariwisata di Indonesia khususnya di Bali, “Wisata Nusa Penida sudah menjadi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) saya berharap pemerintah pusat dapat selalu memberikan dukungan kepada kami, saat ini kami juga sedang mengembangkan 14 desa wisata yang ada di Klungkung daratan. Saya yakin Nusa Penida bisa menjadi salah satu daya tarik dalam meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," tambah Suwirta.

Selain itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan bahwa Nusa Penida merupakan destinasi wisata yang indah. “Wisata di Klungkung itu mempesona terutama  di Nusa Penida, dengan adanya penghargaan ini merupakan upaya untuk mendorong pemerintah daerah di seluruh Indonesia dalam menbangun potensi pariwisata di daerah sekaligus mendukung pariwisata nasional. Penghargaan ini juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur atau kalibrasi kepada kepala daerah untuk berkomitmen membangun wisata berkelanjutan dalam membangun pariwisata di daerahnya," jelas Menteri Yahya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018 Yong Keng Hoat menjelaskan 4 kriteria dalam penghargaan tersebut. "Ada 4 indikator penilaian yang masing-masing memiliki bobot berbeda. Pertama: kinerja usaha pariwisata, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan tenaga kerja, serta dampak/ outcome berdasarkan data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) dengan bobot 40 persen, Kedua :Indeks pariwisata Indonesia: daya saing 30 persen, ketiga, Indonesia’s Attractiveness Award: dimensi pariwisata 15 persen dan keempat; penghargaan internasional dan nasional 15 persen," tutup Keng Hoat. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bupati-klungkung #i-nyoman-suwirta #wisatawan-ke-nusa-penida 

Berita Terkait

IKLAN