Senin, 19 November 2018 06:11 WIB
pmk

Liga Indonesia

Kontra PSIS, Persebaya Bertekad Raih Kemenangan Tandang

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto: jawapos.com

INDOPOS.CO.ID – Persebaya Surabaya memiliki momen yang bagus untuk mengangkat posisi mereka ke papan tengah. Tim berjuluk Green Force itu bertemu tim papan bawah PSIS Semarang di Stadion Moch. Soebroto, Magelang, Minggu (22/7) sore WIB. Motivasi meraih kemenangan begitu besar. Selain ingin merangsek ke papan tengah, juga rindu kemenangan tandang.

Perlu diketahui, Persebaya terakhir menang dalam laga tandang di Liga 1 2018 pada 13 April lalu. Kala itu, Persebaya menang 4-1 atas PS Tira di Bantul. Namun, setelah itu, Persebaya tak lagi menang saat tandang. Tim asuhan Angel Alfredo Vera itu kalah 2 kali dan imbang 4 kali.

Laga di kandang Mahesa Jenar menjadi kesempatan bagi Green Force untuk kembali meraih kemenangan tandang. Menang juga bakal mengangkat posisi mereka di klasemen sementara.

Persebaya saat ini tertahan di peringkat ke-12 dengan 22 poin. Persebaya masih memiliki satu tabungan pertandingan lawan Persib Bandung. Tambahan tiga angka dari PSIS akan membuat Persebaya menembus sepuluh besar.

"Kami sudah siap untuk pertandingan melawan PSIS. Walaupun kami memiliki waktu yang sedikit mepet untuk beristirahat, tapi kondisi pemain sudah baik dan siap untuk pertandingan nanti," beber pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, Sabtu (21/7) siang.

PSIS bukan lawan yang asing bagi Persebaya. Kedua tim pernah bertemu pada babak delapan besar Liga 2 2017 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Persebaya memenangkan laga tersebut dengan skor 1-0 lewat gol Irfan Jaya.

Akan tetapi, PSIS yang mereka kalahkan di Bandung berbeda dengan PSIS saat ini. PSIS mendatangkan sejumlah pemain baru pada pengujung putaran pertama Liga 1. Mereka merekrut eks kiper Arema FC, Joko Robowo dan striker asal Lebanon, Abou Bakr Al Mel.

Persebaya lebih diunggulkan di pertandingan ini. Selain berada di peringkat yang lebih bagus, Persebaya juga sedang on fire. Green Force belum terkalahkan dalam empat pertandingan beruntun. Baik kandang maupun tandang.

Irfan Jaya cs juga memiliki rekor yang sangat bagus di pertandingan tandang. Dari delapan pertandingan, lima di antaranya berhasil mereka akhiri dengan skor seri dan sekali kemenangan. Persebaya hanya dua kali kalah ketika tandang.

Selain itu, PSIS dalam posisi terpojok. Mereka belum pernah menang dalam tiga pertandingan beruntun. Mahesa Jenar juga terancam kelelahan seusai menempuh perjalanan panjang dari Jayapura.

"Kami selalu berusaha mendapatkan poin di setiap pertandingan. Tinggal bagaimana kami bekerja keras di pertandingan dan menjalankan apa yang telah disampaikan oleh pelatih,," sebut gelandang jangkar Persebaya, Hidayat.

Meski diunggulkan, Persebaya pantang meremehkan PSIS. Anak asuh Vincenzo Alberto Annese baru dua kali kalah dari total delapan pertandingan kandang di Magelang, yakni melawan Persija Jakarta dan PS Tira.

Selain itu, Hari Nur Yulianto cs cukup agresif ketika bertindak sebagai tuan rumah. Mereka mencetak 13 gol di kandang sendiri. Jumlah itu lebih banyak daripada gol Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

Pertarungan di lini tengah diprediksi sangat menarik. Persebaya mengandalkan Hidayat dan pemain baru Raphael Maitimo. Sementara PSIS memiliki Ibrahim Conteh dan Bayu Nugroho. Pelatih Vincenzo Annese mengaku tak sabar untuk bentrok kontra Persebaya.

"Kondisi tim kami cukup bagus walaupun kami baru pulang dari pertandingan yang cukup berat. Kami siap melawan Persebaya. Kami percaya diri karena kami sebelumnya berhasil menahan Persipura," jelas pelatih asal Italia itu. (jpg)

Perkiraan Susunan Pemain:
PSIS Semarang: Jandia Eka Putra, Petar Planic, Safrudin Tahar, Haudi Abdillah, Frendy Saputra, Ibrahim Conteh, M. Yunus, Bayu Nugroho, Hari Nur Yulianto, Komarudin, Aldair Makatindu
Pelatih: Vincenzo Alberto Annese

Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Abu Rizal Maulana, Ruben Sanadi, OK John, Otavio Dutra, M. Hidayat, Misbakhsu Solikin, Robertino Pugliara, Irfan Jaya, Oktafianus Fernando, David da Silva
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Rekor Pertemuan:
15/11/17 PSIS 0-1 Persebaya
18/09/05 Persebaya 0-1 PSIS
04/08/04 Persebaya 3-0 PSIS
21/01/04 PSIS 0-0 Persebaya

Hasil Laga Kandang PSIS di Liga 1 2018:
PSIS 0-0 Bali United
PSIS 4-1 PSMS
PSIS 1-4 Persija
PSIS 3-1 Persela
PSIS 0-2 PS Tira
PSIS 4-0 Mitra Kukar
PSIS 1-0 Borneo FC
PSIS 0-0 Madura United

Hasil Laga Tandang Persebaya di Liga 1 2018:
Persela 1-1 Persebaya
PS Tira 1-4 Persebaya
Mitra Kukar 3-1 Persebaya
Borneo FC 2-2 Persebaya
Madura United 2-2 Persebaya
PSM 1-0 Persebaya
Persija 1-1 Persebaya
Bhayangkara 3-3 Persebaya


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-1 #persebaya-surabaya 

Berita Terkait

Da Silva Belum Pasti, Masih Ada Osvaldo

Liga Indonesia

Hajar Barito Putera, Persija Lebih Pede ke GBT

Liga Indonesia

Ke Jayapura, Kondisi Lawan Persebaya Lebih Bugar

Liga Indonesia

OK John Fit, Lini Belakang Persebaya Nyaris Sempurna

Liga Indonesia

Persebaya Beri Isyarat Turunkan Lagi Osvaldo Haay

Liga Indonesia

IKLAN