Rabu, 26 September 2018 04:05 WIB
pmk

Kesehatan

Seberapa Perlu Minum Susu Agar Tulang Kuat? Ini Jawabannya

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Berbagai mitos seputar kesehatan tulang seringkali masih keliru di masyarakat. Salah satunya soal pentingnya minum susu atau tidak. Masyarakat menilai jika minum susu sudah pasti tidak terkena penyakit osteoporosis atau osteoarthritis. Atau sebaliknya, jika sudah terkena penyakit tersebut itu tandanya tidak suka atau jarang minum susu. Benarkah demikian?

"Banyak pertanyaan, 'dok saya osteoporosis apa karena nggak suka susu? Kalau sudah tua haruskah minum susu?'," kata Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Dr. Mohammad Adib Khumaidi, Sp.OT saat berbincang dengan JawaPos.com, baru-baru ini.

Adib menjelaskan, susu mengandung kalsium dan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Konsumsi susu mempunyai peranan penting untuk mencegah osteoporosis. Sebab, susu adalah sumber kalsium dan fosfor yang sangat penting untuk pembentukan tulang.

"Lalu pada saat kapan atau usia berapa susu harus dikonsumsi membuat tulang lebih kuat? Yaitu pada saat usia 20-30 tahun seharusnya sudah mulai rajin minum susu untuk memperkuat tulang. Jika baru-baru ini atau di usia tua baru minum susu, ya sudah terlambat," ujar Adib tertawa.

Kemudian, dikatakannya bahwa semua susu mengandung kalsium. Tetapi, menurutnya, susu yang terbaik adalah yang juga rendah lemak.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini juga menegaskan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Selain minum susu sejak usia muda, tentu menjaga pola makan dan gaya hidup aktif adalah yang terbaik.

"Kontrol gula darah dan kolesterol itu penting, dan jangan lupa untuk rajin olahraga," pungkasnya. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #minum-susu 

Berita Terkait

Tren Diet Keto di Kalangan Millenial

Kesehatan

Lawan Stigma dengan Lari Marathon

Lifestyle

Sunglasses Tangkal Katarak Dini

Kesehatan

Seksi Sixpack Tanpa Sit Up

Kesehatan

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

IKLAN