Jumat, 21 September 2018 01:32 WIB
pmk

Kesehatan

Jangan Terlambat Ditangani, Waspadai Bahaya Kanker Tulang

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Para orang tua harus sadar dan mewaspadai masalah kesehatan pada anak di masa tumbuh kembangnya. Salah satunya kesehatan tulang. Penyakit kanker tulang pada anak meski jumlahnya masih kurang dari 5 persen, tetap tak boleh dianggap remeh.

Kanker menjadi penyakit yang mematikan. Sel kanker bisa timbul di setiap bagian tubuh termasuk tulang. Pertumbuhan tulang remaja begitu cepat karena memang sedang masa pertumbuhan. Saat anak memiliki bakat sel kanker di tulangnya, maka akan lebih progresif ketika terjadi benturan.

“Kalau kita bicara tumor tulang, itu bukan karena benturan. Memang pada saat terdeteksi ada di tulang, lalu terkena benturan, maka sel-sel tumor semakin progresif,” kata Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi Dr. Moh Adib Khumaidi, Sp.OT.

Sehingga Adib menegaskan sel kanker itu sebenarnya memang sudah ada sebagai cikal bakal. Maka masyarakat sering tak sadar, ketika terjadi benturan justru dibawa ke pengobatan alternatif.

“Jadi bukan karena benturannya. Itu sebabnya masyarakat datang ke kita (ortopedi) terlambat, karena dianggap benturan biasa. Diurut-urut ke alternatif, sehingga datang ke kita sudah terlambat,” jelas pria yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Jadi benturan itu hanya stimulus, tapi dalam diri anak tersebut memang ada kecenderungan sel tulang itu mengalami perubahan genetik menjadi ganas. Sedangkan sel kanker tersebut hingga kini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

“Misalnya mitos benjol diurut-urut pakai rambut, bukan karena pakai rambutnya, tetapi saat diurut mungkin infiltrasi ke jaringan lain, akhirnya hilang. Tapi jika setelah dikompres, dimassage itu pilihan ya dan tetap tak kunjung sembuh, barulah ke datang ke kami tetapi sudah terlambat,” tutup Adib. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kanker-tulang #kesehatan 

Berita Terkait

Ketua MUI : Vaksin MR Wajib

Nasional

Lasik, Tindakan Cepat Persiapan Lama

Kesehatan

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

IKLAN