Sabtu, 17 November 2018 05:43 WIB
pmk

Kesehatan

Hempas Bau Badan Tak Sedap dengan 5 Bahan Alami Berikut

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Tak hanya merugikan diri sendiri, orang dengan bau badan tak sedap juga membuat tak nyaman orang di sekelilingnya. Ada beberapa alasan umum seseorang mengalami bau badan. Seperti; gangguan metabolisme, masalah pencernaan, kebersihan, hingga keringat yang berlebih.

Dilansir dari Health Site, Sabtu (21/7) bau badan dapat diatasi dengan menggunakan deodoran, tapi hanya bertahan selama beberapa jam. Namun, saat ini terdapat cara alami untuk mengurangi bau badan yang disebabkan keringat berlebih. Berikut adalah 5 bahan alami yang dapat digunakan untuk tetap segar sepanjang hari.

1. Lemon

Ini adalah bahan dapur yang paling umum, lemon membantu menurunkan tingkat pH kulit dan membunuh bakteri yang menghasilkan bau badan.

Cara menggunakannya, cukup ambil jeruk nipis. Kemudian, potong menjadi setengah dan remas. Sementara itu, siapkan garam diatas piring. Selanjutnya, celupkan irisan lemon ke dalam garam, dan gosok dengan lembut di ketiak. Bilas ketiak dengan air bersih setelah 10 menit.

2. Soda Kue

Bahan dapur ini menyerap keringat untuk menetralisir bau badan, pH kulit dan juga menekan pertumbuhan bakteri. Cara menggunakan, cukup tepuk di antara jari-jari dan ketiak, setelah kering bersihkan.

3. Cuka

Untuk mengurangi bau badan, gunakan cuka putih dan cuka sari apel. Mereka bekerja dengan menghancurkan bakteri penghasil bau dan mengubah pH kulit. Caranya celupkan cuka ke area-area rawan keringat dengan menggunakan kapas. Bilas setelah 10-15 menit.

Selain itu, bisa tambahkan 2 sendok makan cuka dan beberapa tetes minyak esensial peppermint, sage, atau rosemary ke secangkir air. Aduk rata dan isi ke dalam botol semprot. Gunakan sebagai deodoran.

4. Tomat

Tomat adalah antiseptik alami, dapat menghancurkan berbagai bakteri, bahkan bakteri penyebab bau tak sedap. Caranya, gunakan ekstrak dari tomat dan oleskan ke daerah yang rawan keringat. Bilas setelah 10-15 menit. Bahkan, bisa dicoba dengan menambahkan 2 cangkir jus tomat ke air mandi.

5. Teh

Teh mengandung tannin yang membantu menjaga kulit kering, mencegah pembentukan keringat dan bau badan. Caranya, ambil mangkuk, tuangkan air dan didihkan. Tambahkan daun teh hijau ke air dan biarkan dingin. Saring teh dan oleskan ke daerah yang rentan keringat. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

IKLAN