Minggu, 23 September 2018 12:41 WIB
pmk

Hukum

Jero Wacik: Dana DOM Tidak Rugikan Negara

Redaktur:

Jero Wacik

INDOPOS.CO.ID - Mantan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik menjalani sidang perdana permohonan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan kasasi kasus Dana Oprasional Menteri (DOM) di Pengadilan Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (23/7). Jero menampilkan bukti baru (novum) bahwa tidak ada kerugian negara dalam penggunaan dana operasional menteri (DOM).

Menurut Jero, ada kekhilafan hakim sejak awal dia ditetapkan sebagai tersangka melakukan pemerasan terhadap bawahan Kementerian ESDM. Penetapan itu, kata Jero, tidak ada barang bukti yang cukup. "Semua hanya berdasarkan katanya Sekjen ESDM, Waryono, atas perintah menteri. Tuduhan tersebut tidak terbukti,”ucap Jero saat sidang, Senin (23/7).

Bukti baru lainnya, Jero mengatakan, “Tidak ada kerugian negara dan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) terhadap penggunaan DOM. Peraturan Menteri Keuangan (Kemenkeu) Nomor 268/PMK.05/2014, mengatur DOM boleh dipergunakan menteri secara lumsum,” ucapnya

Jero menambahkan, saat itu laporan BPK salah, karena mengacu kepada Permenkeu 003/2006 yang sudah dicabut dan tidak berlaku lagi karena sudah diganti dengan Permenkeu 268/2014 tentang penggunaan DOM. 'Kalau Permenkeu 268/2014 (yang sedang berlaku) maka penggunaan DOM 80 persen boleh di ambil dan dipakai secara lumsum,”ucap jero

Selama 2008 sampai 2011, kata Jero, pengambilan DOM berkisaran 50,25 persen tidak lebih dari 80 persen, sesuai hak DOM dia. "Dengan demikian maka sangat nyata tidak ada niat untuk memperkaya diri karena jatah DOM tidak dihabiskan dan tidak ada penyalahgunaan wewenang karna sesuai dengan Permenkeu 268/2014, yang jelas tidak ada kerugian negara karena tidak ada uang megara yang saya ambil untuk pribadi,” tegas Jero. (cr-1)


TOPIK BERITA TERKAIT: #jero-wacik #korupsi 

Berita Terkait

IKLAN