Rabu, 19 September 2018 12:52 WIB
pmk

Liga Indonesia

Tanpa Mauricio, Mitra Kukar pun Loyo 

Redaktur:

BELUM PADU - Saepulloh Maulana gagal tampil memikat saat Mitra Kukar menghadapi Persija di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, dua hari lalu.

INDOPOS.CO.ID - Kekalahan Mitra Kukar dari Persija Jakarta di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, dua hari lalu, menunjukkan Naga Mekes begitu bergantung pada segelintir pemain. Di lini belakang, absennya Mauricio Leal karena cedera dislokasi tulang bahu, terbukti mempengaruhi performa lini belakang.

Duet Dedi Gusmawan dan Saepulloh Maulana tak berjalan sesuai rencana. Jarangnya kedua pemain tersebut dimainkan bersama membuat chemistry tak terjalin baik. Saepulloh kerap melakukan kesalahan tak penting, terutama saat melakukan umpan jauh. Dari total empat percobaan umpan jauh, tidak satupun menemui sasaran.

Proses terjadinya gol pertama pun cukup mengenaskan. Geri Mandagi yang memutuskan keluar dari sarang, gagal mengantisipasi dengan baik. Gol cepat dari Macan Kemayoran turut memberikan pukulan telak kepada anak-anak Kota Raja. Mental tim tuan rumah runtuh. Sekali lagi, lini belakang Mitra Kukar memiliki celah lebar ketika ditinggal Mauricio Leal.

Terlebih, sebelum Rafael Berges Marin meletakkan jabatan kepelatihannya, menegaskan, manajemen harus menyoroti kualitas lini pertahanan. Wajar kiranya bila tak mendapatkan perhatian serius, bisa saja Mitra Kukar bakal turun kasta musim depan.

Asisten Pelatih Mitra Kukar Asep Suryadi mengatakan, jajaran pelatih sudah melakukan yang terbaik. Namun, dia tak mengira bakal dipecundangi Macan Kemayoran di kandang sendiri.

“Pertandingan yang cukup berat untuk Mitra Kukar. Kami sudah mengantisipasi cara bermain Persija, tapi tetap saja kami tidak bisa memetik hasil bagus. Ini akan jadi catatan penting bagi kami sebagai pelatih,” tutur Asep.

Putaran pertama Liga 1 2018 berakhir bagi Mitra Kukar. Namun, tidak ada waktu libur untuk skuad Naga Mekes. Itu tak lepas dari mepetnya jadwal antara putaran pertama ke putaran kedua. Hanya ada jeda enam hari. Setelah ini tim Kota Raja bakal melakoni laga kandang yang cukup berat; menjamu Arema FC di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Jumat (27/7).

Sembari menunggu sosok pelatih baru, jajaran pelatih yang dipimpin oleh Sukardi bakal kembali melakoni sesi latihan rutin, sore nanti. Evaluasi semua lini sudah dipersiapkan oleh Sukardi. Kekalahan dari Persija Jakarta dua hari lalu memberikan banyak pelajaran.

Menjamu Arema FC, Naga Mekes dituntut bekerja lebih baik lagi jika tak ingin menelan malu di depan pendukungnya sendiri. Perlu diingat, Singo Edan saat ini bukan tim yang berhasil ditahan imbang Mitra Kukar pada putaran pertama di Stadion Kanjuruhan, Malang. Manajemen Arema FC sudah merombak skuadnya demi menyambut putaran kedua.

Kini tim Arek Malang menjadi salah satu tim yang wajib mendapat atensi. Apalagi Dendi Santoso cs baru saja membungkam Sriwijaya FC di Palembang dengan skor meyakinkan 0-3. Jelas, Singo Edan bakal menggila di Aji Imbut jika tak mendapatkan pengawalan ketat. Menilik situasi tersebut, Kardok mengatakan saat ini fokus dirinya adalah membenahi mental tim.

“Saya tahu Arema FC adalah tim kuat. Kami akan lakukan yang terbaik. Saat ini saya hanya ingin mengembalikan kepercayaan diri pemain,” beber Kardok. (don/ndy/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-1 #mitra-kukar 

Berita Terkait

Jamu Mitra Kukar, Madura United Bertekad Pertahankan Rekor

Liga Indonesia

Hadapi Persib, Arema Abaikan Rekor Pertemuan

Liga Indonesia

Jumpa MU, Rekor Pertemuan Jadi Motivasi Mitra Kukar

Liga Indonesia

IKLAN