Selasa, 25 September 2018 06:17 WIB
pmk

Politik

TGB Paling Banyak Dipilih Dampingi Jokowi

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Sejak menyatakan dukungannya kepada Joko Widodo, nama Tuan Guru Bajang (TGB) langsung meroket untuk didorong menjadi calon wakil presiden petahana. Berdasar survei Kedaikopi (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia), nama TGB dipilih oleh 34,1 persen responden.

"Nama TGB paling banyak dipilih. Selanjutnya ada nama Romahurmuzy (27 persen), Muhaimin Iskandar (22,9 persen), Mahfud MD (7 persen), Din Syamsudin (6,1 persen), dan Said Aqil Siroj (2,9 persen)," kata Founder lembaga survei Kedaikopi Hendri Satrio dalam rilisnya yang diterima INDOPOS di Jakarta, Selasa (24/7).

Di antara nama-nama tokoh politik dan pemuka agama itu, ucap Hendri, nama bekas gubernur NTB itu dinilai melengkapi kekurangan Jokowi dalam pendekatan terhadap umat Islam.

"Responden menilai TGB paling Santri di antara tokoh agama dan pemimpin parpol Islam lainnya. Yang diharapkan menjadi pelengkap Jokowi," ucapnya.

Diketahui, survei ini dilaksanakan pada 3-7 Juli di 10 Provinsi dengan jumlah responden sebanyak 1.148 orang dan margin error 2,89 persen.

Lebih lanjut, Hendri menerangkan, elektabilitas TGB Zainul Majdi jika dibandingkan dengan hasil survei KedaiKOPI tanggal 12-27 Maret 2018 mengalami peningkatan.

Pada elektabilitas cawapres dengan pertanyaan terbuka, elektabilitas TGB berada di 7,3 persen. Sedangkan pada elektabilitas cawapres dengan pertanyaan tertutup, di 8,2 persen.

"Jadi, tren elektabilitas TGB selalu meningkat dari waktu ke waktu. Bahkan diprediksi akan terus naik pasca kabar mundurnya TGB dari Demokrat," terangnya. (dil)


TOPIK BERITA TERKAIT: #cawapresjokowi #pilpres2019 #menanti-cawapres-jokowi 

Berita Terkait

IKLAN