Senin, 24 September 2018 10:51 WIB
pmk

Depok

Pemkot Depok Berikan Rp 3 Juta bagi Siswa Miskin

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok siap mencairkan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Rp 3 juta bagi siswa miskin.

Pemkot Depok memberikan Pemberian dana bantuan ini d dua kali dalam satu tahun langsung ke rekening siswa dengan kategori tersebut. Kepastian tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin.

“Semester I tahun ajaran 2018/2019, dana BOS APBD yang diberikan ke 160 SMP swasta akan dialokasikan untuk kebutuhan siswa miskin. Mereka bebas biaya atau sekolah gratis di sekolah swasta,” kata Thamrin kepada INDOPOS, di Balai Kota Depok, Senin (23/7).

Dia berharap,   bantuan ini ke siswa miskin ini mampu mengatasi masalah angka putus sekolah. Walikota dan Wakil Walikota Depok setuju dengan bantuan dari Disdik. Dana bantuan berasal dari dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Total dana BOS APBD  bagi siswa miskin di sekolah swasta sebesar Rp 3 juta per- siswa selama satu tahun. Disdik bakal mentransfer Dana tersebut ke sekolah setiap semester sebesar Rp 1,5 juta.

“Pencairan menunggu APBD perubahan. Kemudian, bagi sekolah swasta tanpa siswa miskin, sekolah tidak mendapatkan dana BOS APBD dan bantuan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) untuk guru swasta,” tegas dia.

Thamrin menuturkan, pemberian dana tersebut karena daya tampung dan jumlah sekolah negeri terbatas. Dia mengakui kuota siswa miskin di SMP Negeri sebesar 20 persen. Jumlah sekolah negeri di Depok sebanyak 26 SMP.

“Bukan sekolah negeri menolak siswa miskin, tetapi karena daya tampung  terbatas, sehingga kami membatasi penerimaan siswa miskin sebesar 20 persen di setiap sekolah negeri,”. (cok)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pemkot-depok #dana-bos #pendidikan #kemendikbud 

Berita Terkait

Kepsek Diminta Hadirkan Senyum di Sekolah

Jakarta Raya

Prancis Bebas Gawai di Tahun Ajaran Baru

Internasional

Kemendikbud Hidupkan Mata Pelajaran Informatika

Nasional

IKLAN