Kamis, 15 November 2018 04:10 WIB
pmk

Nusantara

Dua Petani Diamankan, Empat Ha Ladang Ganja Dimusnahkan

Redaktur: Juni Armanto

OPERASI- Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan saat memimpin pemusnahan ladang ganja seluas empat hektare di Dusun Cot Rawa Thoe, Gampong Jurong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, NAD, (19/7). Foto : Polres Lhokseumawe for INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jajaran Polres Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) berhasil menemukan dan memusnahkan empat hektare (ha) ladang ganja di kawasan Dusun Cot Rawa Thoe, yang berada di Gampong Jurong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, belum lama ini.

Operasi yang beranggotakan 50 orang tersebut dipimpin langsung Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan didampingi Kasat Narkoba Iptu Zeska Julian Wijaya, Kapolsek Sawang Ipda Zahabi , Danramil Sawang, dan Kepala Dusun, serta beberapa pemuda setempat.

Setelah naik dan turun beberapa bukit, tim akhirnya tiba di lokasi ladang ganja sekitar pukul 13.05 WIB. Hamparan tanaman ganja siap panen terbentang luas di empat titik terpisah. Untuk mengelabui tim, di sela tumbuhan ganja ditanam pohon cabai dan pinang. ”Rata-rata ketinggian tanaman ganja itu sekitar 1,5 meter sampai 2 meter,” ujar AKBP Ari Lasta Irawan.

Setelah dicabut dan dikumpulkan, tanaman ganja lantas dibakar di tempat. Selain menemukan ladang ganja, aparat juga berhasil mengamankan dua tersangka petani ganja berinisial MH, 65, dan MS, 30. Mereka merupakan ayah dan anak. Distribusi ganja dilakukan setelah ada pembeli datang ke lokasi langsung. ”Siapa dan dari mana asal pembeli, saya tidak tau,” kata MH dengan logat Aceh yang kental saat Kapolres Ari Lasta bertanya di lokasi ladang ganja, Kamis (19/7) lalu.

AKBP Ari Lasta Irawan menambahkan, ke depan pihaknya berharap para petani ganja dapat beralih ke tanaman produktif lainnya. Dengan demikian, pendapatan ekonomi masyarakat sekitar meningkat tanpa melanggar hukum. (aro)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ladang-ganja #polres-lhokseumawe #polda-aceh #operasi-polisi 

Berita Terkait

IKLAN