Senin, 24 September 2018 12:55 WIB
pmk

Ekonomi

Performa BTN Menjanjikan

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Kinerja keuangan PT Bank Tabungan Negara (BBTN) berpotensi terus mengalami peningkatan seiring pertumbuhan kredit dan laba bersih masih sesuai proyeksi.

Head of Research Sinarmas Sekuritas, Evan Lie Hadiwidjaja mengatakan kinerja keuangan BTN masih inline. Di mana, secara historis pencapaian semester pertama tahun ini sekitar 40 persen dari proyeksi sepanjang tahun ini. ”Hingga pertengahan tahu ini kinerja masih memuaskan dan memiliki peluang untuk tumbuh lebih baik,” tutur Evan Lie di Jakarta, Selasa (24/7).

Menurut Evan, dengan kondisi tersebut Sinarmas Sekuritas tetap merekomendasi beli (buy) untuk saham BTN. Meski ada tantangan di tengah likuiditas ketat dan suku bunga acuan cenderung naik. Namun, Bank BTN cukup terbantu dari skema program sejuta rumah. Karena dalam skema itu, margin bank tetap terjaga. Selain itu, juga ada bantuan likuiditas pemerintah. 

”Ke depan, lembaga Tapera akan dapat menopang kinerja BTN. kita rekomendasi BUY dengan target harga (TP) pada kisaran Rp 3.475 per saham,” tukas Evan.

Sementara itu Analis MNC Sekuritas, Nurulita Harwaningrum mengungkapkan emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) bersandi saham BBTN tersebut memiliki potensi cerah didorong KPR subsidi. ”Ini karena permintaan akan rumah subsidi (untuk golongan menengah bawah) itu masih tinggi,” ulasnya. 

Selain itu, juga terlihat pertumbuhan kredit BTN mencapai 19 persen pada semester pertama 2018, sedang dari sisi kualitas aset juga masih terjaga, non performing loan (NPL) BTN juga turun menjadi 2,78 persen dari posisi sama 2017 di level 3,23 persen. ”Laba bersih BTN juga masih tumbuh double digit. Dan, kami tahun ini juga memperkirakan masih akan tumbuh double digit,” tegasnya. (far)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kinerja-keuangan #bank-btn #prospek-gerakan-saham #evan-lie-hadiwidjaja 

Berita Terkait

MARK Kantongi Pendapatan Rp 155 Miliar

Indobisnis

BTN Gelontorkan Kredit PNS Lebak

Indobisnis

BTN Caplok Manajemen Investasi

Indobisnis

Saham BBTN masih jadi Skala Prioritas Investor

Indobisnis

IKLAN