Rabu, 26 September 2018 04:08 WIB
pmk

Internasional

Gelombang Panas Serang Jepang, 65 Tewas

Redaktur:

CUACA EKSTREM - Gelombang panas yang menghantam Jepang beberapa pekan terakhir telah memecahkan rekor terparah. Foto; AFP

INDOPOS.CO.ID - Gelombang panas masih menyerang Jepang. Sebelumnya tercatat sebanyak 40 orang telah tewas akibat cuaca ekstrem itu, dan kini korban mencapai tewas mencapai 65 orang.

Pejabat lembaga cuaca telah mengklarifikasi bahwa cuaca panas yang menghantam Jepang telah memecahkan rekor sebagai gelombang panas terparah dan bencana alam, Selasa (24/7). Badan Manajemen Bencana dan Kebakaran dalam pernyataannya mengatakan, terhitung dalam sepekan ini, sedikitnya 65 orang meninggal akibat serangan panas ekstrem. Sementara 22.647 orang dirawat di rumah sakit.

Angka tersebut lantas menjadi yang terburuk sepekan ini selama musim panas. Jepang terakhir dilanda gelombang panas pada 2008 lalu.

Seperti dilansir Channel News Asia, Kota Kumagaya di Saitama di luar Tokyo menetapkan rekor panas nasional baru, dengan suhu mencapai 41,1 derajat Celcius pada Senin (23/7). Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana mengatakan, total 80 orang telah meninggal akibat gelombang panas sejak awal Juli. Lebih dari 35 ribu telah dirawat di rumah sakit.

"Gelombang panas terus menyelimuti Jepang, upaya mendesak diperlukan untuk melindungi kehidupan anak-anak sekolah," kata Juru Bicara Pemerintah Jepang Yoshihide Suga kepada wartawan.

Seorang siswa berusia 6 tahun bahkan meninggal akibat panasnya cuaca di Jepang. Pemerintah mengatakan, akan menyediakan dana untuk memastikan semua sekolah dilengkapi dengan AC pada musim panas mendatang, kurang dari setengah sekolah umum Jepang memiliki sudah memiliki AC.

Suga juga meminta pemerintah untuk mempertimbangkan perpanjangan liburan sekolah musim panas tahun ini karena gelombang panas masih terus berlangsung. (JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #gelombang-panas #cuaca-ekstrem #jepang 

Berita Terkait

Topan Mangkhut Hantam Tiongkok, 2,4 Juta Warga Mengungsi

Internasional

Gempa Bumi Susul Badai Jebi

Internasional

Badai Jebi Seret Tanker 2.591 Ton

Internasional

Warga Jepang Peringati 73 Tahun Tragedi Hiroshima

Internasional

Suhu di Portugal 47 Derajat Celcius

Internasional

IKLAN