Sabtu, 22 September 2018 04:42 WIB
pmk

Indobisnis

Minta Pemerintah Konsisten Dukung Hilirisasi Timah

Redaktur:

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah diminta konsisten mendukung hilirisasi timah. Sehingga produk tersebut mempunyai nilai tambah (value added) serta menambah devisa dari ekspor. 

Peneliti ketahanan ekonomi Tim UI Peduli Kajian Palupi Lindiasari mengatakan, pihaknya  berupaya menggali informasi mendalam kendala yang dihadapi industri terkait hilirisasi timah.

"Output rekomendasi dan analisis kebijakan stratejik hilirisasi timah merupakan salah satu yang diharapkan mampu memberikan kontribusi langsung bagi pemerintah Indonesia," ujarnya di Jakarta Rabu (25/7).

Sebelumnya, Tim UI Peduli Kajian yang dipimpin Dr. Adis Imam Munandar telah berkunjung ke Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC) Banten. Mereka berdiskusi dengan tim KIEC seputar hilirisasi timah di Indonesia.

"Hasil diskusi penting untuk bahan kajian stratejik kami," jelas  Adis Rabu (25/7).

Ia menambahkan, ekspor timah masih didominasi ke Singapura. Sekitar 25,66 persen ekspor timah pada Januari sampai Maret 2018 dikirim ke Negeri Singa Putih ini. Namun jika dibanding Januari sampai Maret 2017, ekspor timah ke Singapura pada tahun ini turun 30,50 persen. 

Sementara itu ekspor timah ke Belanda, India, Korea Selatan, dan Jepang pada Januari - Maret 2018. Lima negara utama ini mengimpor sekitar 73,97 persen timah dari daerah ini.

"Indonesia ekspotir terbesar balok timah (tin ingot), sekitar 80 persen kebutuhan dunia dari Indonesia. Namun nilai tambah bagi penerimaan kas negara masih rendah. Berbeda dengan Malaysia dan China yang ekspor turunan produk timah (tin paste, tin solder, tin chemical) menghasilkan keuntungan yang besar,” jelas Adis.
Sementara itu, komisaris PT Timah Industri, Ir. Wachid Usman, MBA, mengeluhkan kurangnya konsistensi pemerintah terkait kebijakan hilirisasi dan pasar dalam negeri yang kurang didukung.

“Kami meminta dukungan pemerintah dalam hilirisasi timah agar nilai tambahnya untuk kesejahteran negeri meningkat. Terutama Bangka Belitung sebagai penghasil timah," pungkasnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hilirisasi-timah #pt-timah-industri 

Berita Terkait

IKLAN