Jumat, 16 November 2018 04:58 WIB
pmk

Total Football

Periode Transfer Premier League dan Serie A Kini Lebih Pendek

Redaktur:

Philippe Coutinho saat masih berseragam Liverpool.

INDOPOS.CO.ID - Musim 2017-2018 Arsenal, Liverpool, Chelsea, dan Southampton memperoleh pelajaran berharga di bursa transfer. Keempat klub itu ‘kehilangan’ pemainnya di awal musim karena sang pemain ngotot pindah padahal bursa transfer sudah usai.

Sampai dengan pekan keempat Premier League 2017-2018 atau 9 September 2017, Philippe Coutinho belum juga tampil bersama Liverpool. Coutinho sempat mengatakan kalau dirinya masih mengalami nyeri di punggung.

Namun siapapun tahu kalau sesungguhnya Coutinho memang sudah tak menaruh hatinya untuk bermain bersama The Reds. Meski tubuh pemain 25 tahun itu ada di Liverpool, namun pikiran dan hatinya sudah ada di Barcelona. Bersama Lionel Messi dkk. Seperti diberitakan Sky Sports Senin (23/7) lalu ada dua liga elit Eropa yang memajukan jadwal penutupan bursa transfernya. Yakni Premier League dan Serie A.

Musim 2018-2019, pintu transfer Premier League dibuka sejak 17 Mei dan ditutup pada 9 Agustus. Sedangkan keran perpindahan pemain Serie A dibuka 1 Juni dan ditutup 18 Agustus.  Sky Sports menulis pergeseran jadwal transfer di Premier League 2018-2019 ini disebabkan komplein para manajer dan pihak klub soal dampak negatif yang ditimbulkan ketika transaksi pemain urung terjadi.

Selain Coutinho, nama-nama Alexis Sanchez (Arsenal), Diego Costa (Chelsea), dan Virgil van Dijk (Southampton) adalah nama-nama pemain yang menjadi korban tarik ulur transfer. Kepastian transaksi empat pemain itu memakan waktu sampai setengah musim.

Nah, dampak dari bursa transfer Premier League musim 2018-2019 yang dibuka dan ditutup lebih cepat adalah mengubah pola perekrutan pemain. The Guardian menulis jika musim lalu kesepakatan klub-klub elit Premier League terjadi di akhir penutupan bursa 31 Agustus 2017 dan  bukan di pertengahan Juli 2017. Maka musim ini di pertengahan Juli hampir semua klub sudah mendapatkan pemain baru.

Pemilik agensi pemain Base Soccer Leon Angel kepada The Guardian mengatakan perubahan batas akhir transfer ini mengubah total ritme klub Premier League. Beberapa ada yang bisa beradaptasi. Namun beberapa klub yang lain masih lambat.

“Kondisi transfer musim panas Premier League musim ini seperti malah seperti transfer musim dingin. Dimana semuanya serba mungkin terjadi dalam sepuluh hari ke depan,” kata Angel yang merupakan agen untuk pemain seperti Kyle Walker, Ashley Young, dan Danny Rose.

Dengan penutupan bursa transfer Premier League yang lebih cepat ini maka empat liga elit lain, yakni Serie A, La Liga, Ligue 1, dan Bundesliga punya keuntungan. Regulasi menyatakan meski pemain sudah turun di Premier League yang mulai pada 11 Agustus dini hari WIB, namun mereka masih bisa bergabung klub di kompetisi Italia, Spanyol, Prancis, dan Jerman jika kesepakatan transfer terjadi. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bursa-transer-pemain 

Berita Terkait

IKLAN