Sabtu, 22 September 2018 12:54 WIB
pmk

Ekonomi

Sejumlah Sekuritas Rekomendasikan Beli Saham BTN

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Sejumlah sekuritas merekomendasikan beli (buy) terhadap saham PT Bank Tabungan Negara (BBTN). Itu menyusul optimisme terhadap kinerja perseroan cukup positif hingga pengujung tahun ini.

Analis BCA Sekuritas Gilang Purnama dan Prasetya Gunadi dalam risetnya menjelaskan rekomendasi beli terhadap saham perusahaan dengan target harga mencapai Rp 3.100 per lembar. Itu karena pertumbuhan kredit perseroan terjaga dengan baik dan lebih tinggi daripada industri perbankan nasional.

Kemudian ada potensi pemasukan tambahan dari fee based income dan masih terdapat cukup ruang untuk memotong biaya operasional. ”Kami tetap merekomendasikan beli dengan target harga tidak berubah Rp 3.100 per saham mengacu pada 1,3x 2018 price to book value (PBV),” kata Gilang.

Selain itu, pertumbuhan perseroan juga akan ditopang dengan kemampuan Bank BTN dalam mempertahankan cost of fund (CoF) di tengah kenaikan suku bunga tinggi. ”Kami memperkirakan pertumbuhan kredit akan tetap di atas rata-rata industri nasional yang mencapai 19 persen di akhir 2018,” ujarnya.

Sementara itu, CGS CIMB dalam risetnya tetap mempertahankan target harga BBTN sebesar Rp 4.200 per saham. Itu karena kepercayaan terhadap kinerja Bank BTN bisa mempertahan non performance loan (NPL) di kisaran 2,9 persen. ”Manajemen tetap percaya diri mencapai target NPL 2,3 persen sampai dengan 2,5 persen,” ungkap riset tersebut.

Sedangkan Analis MNC Sekuritas, Nurulita Harwaningrum dalam risetnya merekomendasikan beli untuk saham BBTN dengan target harga Rp 3.375 per saham. ”Kami menilai target harga ini seiring peningkatan kualitas aset, BBTN juga menjadi pemimpin pasar KPR bersubsidi dan pertumbuhan kuat untuk kredit dan dana,” tegasnya.

Berdasar laporan keuangan Bank BTN per 30 Juni 2018, perseroan masih menjadi penguasa pasar pembiayaan perumahan di Indonesia dengan pangsa lebih 38 persen. Selain itu, juga masih menjadi pemain utama pendukung program perumahan nasional diusung pemerintahan Jokowi-JK. Bank BTN tetap mendominasi pembiayaan rumah rakyat lebih dari 95 persen. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bank-btn #penguasa-kpr #potensi-positif #kinerja-terus-membaik 

Berita Terkait

Performa BTN Menjanjikan

Ekonomi

BTN Gelontorkan Kredit PNS Lebak

Indobisnis

BTN Caplok Manajemen Investasi

Indobisnis

Saham BBTN masih jadi Skala Prioritas Investor

Indobisnis

Saham BBTN Masih Prospektif

Ekonomi

BTN Gandeng PN Jaksel Resmikan E-Panjar

Ekonomi

IKLAN