Rabu, 26 September 2018 08:28 WIB
pmk

Kesehatan

Tujuh Makanan Mengandung Enzim Alami

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Kata-kata 'enzim pencernaan' telah masuk ke dalam pikiran banyak orang sebagai istilah mewah yang sering terlontar dalam diskusi yang berputar di sekitar kesehatan. Terutama karena suplemen probiotik yang volume konsumsinya terus meningkat selama bertahun-tahun.

Enzim pencernaan diperlukan bagi tubuh untuk memecah makanan menjadi protein, karbohidrat, lemak dan vitamin.

Meskipun organ-organ seperti usus kecil secara alami menghasilkan enzim-enzim ini, seringkali tubuh tidak mampu menghasilkan enzim pencernaan yang cukup untuk memecahkan makanan dengan benar, yang menyebabkan gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus (IBS).

Untungnya, ada makanan alami juga mengandung enzim pencernaan yang membantu meningkatkan pencernaan Anda.

Berikut ini daftar beberapa makanan umum yang benar-benar bisa membantu meningkatkan pencernaan, seperti dilansir laman India Times, Kamis (26/7).

1. Nanas

Nanas penuh dengan enzim yang disebut bromelain. Bromelain membantu dalam pemecahan protein ke dalam blok bangunan, termasuk asam amino, dengan membantu pencernaan dan penyerapan protein.

Selain itu, enzim bromelain juga bisa membantu mengobati peradangan dan nyeri artritis.

2. Pepaya

Mirip dengan bromelain, pepaya juga memiliki enzim yang disebut papain yang membantu pemecahan protein.

Mereka dikenal sebagai salah satu enzim alami yang paling efektif yang bisa membantu dengan pemecahan daging yang kita makan.

3. Mangga

Pernahkah Anda memperhatikan bagaimana mangga yang keras melunak ketika ditinggalkan di meja?

Hal ini disebabkan aksi enzim Amilase yang membantu dengan pematangan mangga.

Amylase membantu dengan pemecahan pati sehingga lebih mudah bagi tubuh Anda untuk menyerap makanan bertepung. Itu sebabnya mangga menjadi lebih manis saat matang.

4. Madu

Madu mengandung enzim yang memecah protein dan karbohidrat. Daftar enzim termasuk amilase, sukrase dan protease.

Sementara sucrase membantu memecah gula yang ditemukan dalam gula meja, protease membantu pemecahan protein menjadi asam amino dan amilase memecah karbohidrat.

5. Pisang

Selain kaya kalium, pisang juga mengandung enzim amilase dan maltase. Amilase secara alami mampu memecah makanan, seperti karbohidrat.

Maltase di sisi lain memecah gula malt dalam tubuh yang memungkinkan sistem pencernaan untuk dengan mudah memproses makanan.

Pisang menambah bakteri usus yang sehat di tubuh Anda dan mengurangi kembung juga. Mirip dengan mangga, enzim memecah pati menjadi gula membuat pisang kuning saat mereka matang.

6. Buah kiwi

Kiwis mengandung enzim yang disebut actinidin, yang membantu memecah protein yang ditemukan dalam jenis makanan tertentu.

Daftar makanan termasuk, daging merah, telur, susu dan ikan. Enzim actinidian juga dikenal untuk membantu pencernaan, mengurangi kembung sistem Anda dan juga membantu membebaskan Anda dari sembelit.

7. Jahe

Ada alasan bagus mengapa jahe menjadi bagian dari memasak dan obat tradisional. Jahe mengandung protease zingibain, yang membantu memecah protein dalam makanan.

Itulah salah satu alasan jahe digunakan secara komersial untuk membuat susu jahe. Jahe membantu makanan bergerak lebih cepat melalui perut.(jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #makanan-mengandung-enzim-alami 

Berita Terkait

IKLAN