Selasa, 25 September 2018 08:16 WIB
pmk

Jakarta Raya

Setu Babakan Tuan Rumah Lebaran Betawi

Redaktur:

MERAH-Budaya Betawi kembali diangkat ke permukaan lewat kegiatan Lebaran Betawi di Setu Babakan, 27-29 Juli mendatang. Foto: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Lebaran Betawi akan kembali digelar di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, 27-29 Juli mendatang. Kegiatan tersebut rencananya dihelat selama tiga hari dan akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Selain tari-tarian dan berbagai pertunjukan seni Betawi, berbagai kuliner juga akan disajikan untuk pengunjung. Makanan seperti Gabus Pucung dan Dodol Betawi dipastikan mewarnai acara Lebaran Betawi ini.

"Rencananya nanti kami para wali kota akan memberikan hantaran kepada Pak Gubernur berupa Pecak Gurame, Gabus Pucung, serta Dodol Betawi khas Pasar Minggu. Ini merupakan tradisi Betawi yang ingin dilestarikan," tutur Wali Kota Jakarta Selatan Marulli Matali, Rabu (25/7).

Berbagai persiapan untuk memeriahkan Lebaran Betawi pun sudah dilakukan. Antara lain, menata rumah Wali Kota Jakarta Selatan dan panggung hiburan dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan.

Kemudian juga, persiapan penerangan lampu sudah dilakukan Sudin Perindustrian dan Energi. Termasuk menyiapkan tenanga medis dilakukan oleh Sudin Kesehatan. "Pokoknya bakal banyak kesenian khas Betawi ditampilkan. Mulai dari tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, ondel-ondel, lenong Betawi, palang pintu, tari topeng, berbagai permainan tradisional Betawi, hingga layar tancap," tambah Marullah.

Rencananya, untuk menghindari kemacetan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan pengamanan dan rekayasa lalu lintas. Umumnya, kemacetan terjadi di Jalan M Kahfi 1 dan 2, Jagakarsa.

”Hari ini dan besok akan digelar rapat untuk pembahasan dengan Dinas Perhubungan DKI," tutup Christianto Kasudinhub Jakarta Selatan. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #setu-babakan #lebaran-betawi 

Berita Terkait

Setu Babakan Dijadikan Paket Wisata Asian Games

Jakarta Raya

Anna Mariana Fashion Show di Lebaran Betawi

Jakarta Raya

Lebaran Betawi Makin Meriah

Jakarta Raya

Lebaran Betawi Tinggal Hitungan Hari

Jakarta Raya

400 Atlet Bakal Sambangi Kampung Betawi

Jakarta Raya

Sejuk dan Murah, Alasan Warga berwisata ke Setu Babakan

Jakarta Raya

IKLAN