Rabu, 14 November 2018 10:06 WIB
pmk

Jakarta Raya

Mural Asian Games Percantik Ibu Kota

Redaktur:

SERBA BISA-Pasukan Penagangan Sarana dan Sarana Umum (PPSU) membuat lukisan mural mascot Asian Games di sebuah dekat Kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, kemarin.FOTO: JOESVICAR IQBAL/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menjelang perhelatan akbar olahraga Asian Games 2018 Jakarta - Palembang, pemerintah pusat menggencarkan lukisan mural di tembok-tembok, stasiun, terminal, infrastruktur bahkan hotel-hotel yang ada di Jakarta, Rabu (25/7) siang kemarin. Tempat-tempat strategis pun bersolek dalam menyambut Asian Games 2018 tak terkecuali di kawasan sepanjang Sudirman-Thamrin.

Seperti halnya tembok di sepanjang Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, dilukis mural oleh para Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kecamatan Jatinegara setempat. Dinding-dinding di Stasiun Jatinegara tidak lagi kosong melompong. Melainkan dihiasi mural antara lain logo Asian Games dan 3 Maskotnya di 2018 ini.

Camat Jatinegara, Nasrudin Abu Bakar menuturkan, dinding Stasiun Jatinegara dilukis mural sebagai bentuk meramaikan Asian Games 2018. Sekaligus menambahkan kesan bersih dan cantik di kawasan itu. "Kebetulan petugas kami (PPSU Kelurahan Rawa Bunga) mampu melukis dan menghiasnya," katanya.

Selain itu, kawasan Jatinegara juga memiliki tempat sebagai destinasi belanja para atlet nanti yaitu sentral batu akik di Rawa Bening. Kemudian di Fly Over Kampung Melayu pun dilakukan lukisan mural dengan logo Asian Games 2018. Taman-taman yang tandus dan gersang pun ditanami dan diganti pepohonannya.

Masyarakat Ulujami dibantu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Ulujami, melukis mural untuk meramaikan Asian Games 2018, yang akan berlangsung di Jakarta-Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Lurah Ulujami, Ahmad Hasan Husaini mengatakan, lukisan mural itu digambar oleh masyarakat beserta petugas PPSU, di dinding tembok pintu masuk kelurahan Ulujami, Kecamatan Pesanggrahan, Kota Administrasi Jakarta Selatan. "Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, mengajak semua warga dan pemangku kepentingan untuk menggaungkan demam Asian Games 2018. Ajakan dan motivasi untuk menyebarluaskan dan menggaungkan spirit Asian Games ini disambut baik oleh masyarakat Kelurahan Ulujami," ujarnya, Rabu (25/7) siang kemarin.

Lurah Hasan menjelaskan, dalam lukisannya, masyarakat serta PPSU menggambar tiga maskot Asian Games 2018 yaitu Bhin Bhin, Atung dan Kaka. "Gambarnya yakni tiga maskot Asian Games 2018. Ukurannya sendiri mencapai 15 x 4 meter," terangnya.

Hasan juga menuturkan, adanya mural ini juga memperindah serta menarik perhatian para warga ketika akan memasuki Kantor Kelurahan Ulujami. "Selain itu, melalui mural ini, masyarakat juga ingin gaung Asian Games juga terasa di wilayah mereka, yakni Kelurahan Ulujami," katanya.

Sementara itu, di kawasan Ancol pun lukisan mural bertema Asian Games telah bersolek. Di Jalan RE Martadinata arah Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, di sisi tembok sepanjang 50 meter usai melintasi Stasiun Ancol. Tembok dilukis dengan maskot Asian Games seperti Bhin Bhin Cendrawasih, Atung si Rusan Bawean dan Kaka Badak Jawa.

Di kawasan Parangtritis, Ancol juga didandani tak terlewat setiap kantor kelurahan dan kecamatan. "Semuanya dimural sedemikian rupa bertemakan Asian Games baik di kantor kelurahan dan kecamatan," kata Mumu Mujtahid, Camat Pademangan. (ibl) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #mural-asian-games 

Berita Terkait

Lanjut Gambar Mural di Tomang Raya hingga BKB

Jakarta Raya

Mural Asian Games Makin Ramai

Jakarta Raya

IKLAN