Kamis, 20 September 2018 02:25 WIB
pmk

Jakarta Raya

PAM Jaya Jamin Pasokan Air Bersih untuk Asian Games Aman

Redaktur:

KOMPAK- Dirut PAM Jaya Erlan Hidayat (kiri) bersalam komando dengan Presiden Direktur Aetra Mohamad Selim. FOTO: IST

INDOPOS.CO.ID - Direktur Utama (Dirut) PAM Jaya Erlan Hidayat, menjamin pasokan air bersih akan aman selama musim pertandingan Asian Games 2108 di Jakarta. Kendati ada potensi masalah, namun pihaknya mengantisipasinya.

”Sampai saat ini saya jamin aman,” tegas Erlan di sela-sela acara peresmian Smart Operation With Aetra Control Room PT Aetra Air Jakarta (Aetra), Buaran, Jakarta Timur (25/7). Menurut Erlan secara garis besar Asian Games di Jakarta berpusat di dua areal Badan Layanan Umum (BLU) BLU di Bawah Kementerian Sekretariat Negara RI.

Keduanya yakni areal Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK) dan Gelora Bung Karno (GBK). Kedua komplek tersebut sejauh ini adalah pelanggan PAM Jaya yang mendapatkan layanan optimal. ”PPKK di Kemayoran adalah pelanggan Aetra dan GBK adalah pelanggan Palyja,” ungkap Erlan yang didampingi oleh Presiden Direktur Aetra Mohamad Selim, di falitas Aetra Control Room.

Kedua areal tersebut selama ini dipasok air bersih dalam jumlah besar dari meter induk. Selanjutnya air didistribusikan ke venue-venue olahraga maupun apartmen atlet oleh pihak internal. ”Baik GBK maupun PPKK dipasok 40 liter per detik sesuai kebutuhan. Itu jumlah yang sangat banyak dan sangat memenuhi kebutuhan seluruh atlet,” ujar Erlan.

Ditanya apa ada potensi masalah pasokan air bersih, Erlan mengakuinya. Tetapi potensi masalah itu justru datang dari luar otoritas PAM Jaya. Kedua potensi itu adalah pasokan air baku dan listrik.

”Kita berkoordinasi dengan Perum Jasa Tirta II (PJT II). Kita minta PJT II berhenti dulu membersihkan saringan-saringan ke Bendungan Gergaji  D.I. Panjaitan, akibatnya debit air baku ke Pejompongan sering terganggu. Kita ingin stabil di pasokan 6.200 liter per detik,” ujar Erlan.

Untuk itu pihaknya mengetatkan koordinasi antarinsti untuk mengantisipasi masalah. Menurut Erlan paling berwenang dalam hal koordinasi antarpihak ini adalah Inasgoc atau panitia pelaksana Asian Games.

Sedangakan potensi masalah lainnya adalah pasokan listrik. ”Kalau listrik mati, airnya juga mati. Kita berdoa agar listrik tidak mati (selama Asian Games),” cetusnya. Sementara itu Presiden Direktur Aetra Mohamad Selim untuk meningkatkan layanan air bersih untuk keperluan Asian Games dan pelanggan, pihaknya mengembangkan fasilitas control room. Yaitu fasilitas ruang kontrol yang berfungsi sebagai monitoring, menganalisa, dan melakukan kontrol terhadap operasional proses produksi dari air baku menjadi air bersih.

”Faslitas Aetra Control Room memonitor proses distribusi air bersih sampai kepada pelanggan secara online,” ungkap Selim. Dikatakan, bagian penting yang terintegrasi dari fasilitas adalah informasi operasional mulai dari air baku, monitoring semua parameter untuk proses produksi dan distribusi yang meliputi Instalasi Pengolahan Air (IPA), Inline Booster Pump (IBP Tugu, Kiwi, dan Halim), Pompa Tekan (Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC dan Sunter). Begitu pula  monitoring CCTV di seluruh area kerja, aset meter pelanggan (termasuk maintenance), data tekanan, debit  dan volume serta NRW (Non Revenue Water – Tingkat Kehilangan Air) SCADA dengan menggunakan softaware TOPKAPI. Tekanan flow air di wilayah-wilayah perbatasan seluruh kantor Area Bisnis sampai ke level District Meter Area.

Dari parameter-parameter tersebut diatas, Aetra Control Room akan menangkap semua hasil dari sensor-sensor yang telah dipasang di lapangan maupun input dari operator. Kemudian akan memberikan alert (sinyal peringatan) apabila terjadi ketidaksesuaian dalam operasional di lapangan. (dni) 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #pam-jaya #pasokan-air-bersih #jelang-asian-games 

Berita Terkait

Penggunaan Air Tanah Gedung-Gedung akan Dikonversi

Jakarta Raya

PMKS Siap-Siap Ditertibkan

Jakarta Raya

Sanitasi Jalur Torch Relay Dibenahi

Jakarta Raya

AMPG DKI Dukung Asian Games

Nasional

Setu Babakan Dijadikan Paket Wisata Asian Games

Jakarta Raya

IKLAN