Jumat, 16 November 2018 09:14 WIB
pmk

Lifestyle

Sayangi Anak Panti dengan Pola Asuh Keluarga

Redaktur:

DONASI-Dalam rangka Hari Anak Nasional, The Body Shop menggalang kampanye kepedulian bagi anak-anak yang mendapat eksploitasi di Indonesia. Foto: DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Beberapa fakta mengungkapkan bahwa terdapat 500 ribu anak di Indonesia yang terpisah dari orangtuanya. Padahal, 90 persen diantaranya masih memiliki orangtua.

Miris dengan kondisi tersebut, The Body Shop Indonesia melakukan donasi bagi anak-anak yang terpisah dari orangtua mereka. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli lalu.

Mereka menggalang program donasi mendukung Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk program Family First. ''Data yang kami dapat dari Yayasan Sayangi Tunas Cilik bahwa terdapat 500 ribu anak yang tinggal di 8.000 Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak atau sering kita sebut sebagai Panti Asuhan. Dan 90 persen dari angka tersebut ternyata masih memiliki orangtua,'' kata Aryo Widiwardhono, selaku CEO The Body Shop Indonesia di Pacific Place, Jakarta Pusat, Selasa (24/7) lalu.

Maka itu, dengan menggalang dana melalui program donasi dari produk, terkumpul sebanyak Rp 620.287.514 untuk Yayasan Sayangi Tunas Cilik melalui program Family First.

Program Family First merupakan kegiatan yang berfokus pada isu perlindungan anak. Program ini bertujuan untuk mencegah dan merespon berbagai kasus kekerasan, penelantaran dan eksploitasi terhadap anak. ''Program ini program pendekatan dan pendampingan langsung kepada anak dan orangtua terkait tanggung jawab dan pola asuh anak atau pengasuhan berbasis keluarga. Tujuannya mencegah anak-anak terpisah dari keluarganya,'' kata Fajar Jasmin selaku Sekretaris Yayasan Sayangi Tunas Cilik.

Program Family First merupakan kerja sama antar Yayasan Sayangi Tunas Cilik dan Kementerian Sosial (Direktorat Rehabilitasi Sosial Anak) yang bertujuan untuk memastikan anak-anak dapat bertumbuh kembang dengan kasih sayang dari keluarga mereka. ''Kami juga fokus untuk mengubah paradigma pengasuhan anak berbasis kelembagaan (panti) ke arah pengasuhan berbasis keluarga. Karena anak mempunyai hak untuk diasuh oleh orangtuanya sendiri,'' terangnya. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #the-body-shop-indonesia #donasi-anak 

Berita Terkait

IKLAN