Selasa, 13 November 2018 11:26 WIB
pmk

Wanita

Tutorial Make Up Bagi Tuna Rungu

Redaktur:

WORKSHOP-Make up artist Ryan Ogilvy memberikan tutorial merias wajah cantik tapi simpel untuk penyandang disabilitas. Foto: DEWI MARYANI/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menyandang disabilitas bukan berarti tak bisa tampil cantik. Untuk memenuhi kebutuhan kecantikan penyandang disabilitas, L’Oreal Indonesia punya cara unik.

Mereka meluncurkan tutorial make up di akun Youtube LOreal ID lengkap dengan terjemahan dalam bahasa isyarat. Video berdurasi sekitar enam menit tersebut dipandu oleh Ankie Yudistia, penyandang disabilitas dan juga pendiri Thisable Enterprise.

Di video tutorial make up tersebut, dia menjadi model yang didandani oleh make up artist Ryan Ogilvy. Ryan memakai tema make up ”Make it Bronze”, di mana pulasan kosmetik yang diberikan memberi kesan glowy. Cocok untuk riasan musim panas.

Video tutorial make up tersebut tentu saja menginspirasi, terutama bagi mereka penyandang tuna rungu. ''Ini menjadi bagian dari program kami Diversity Inclusion. Kami merangkul dari beragam gender, keterbatasan edukasi dan fisik. Misi kami agar teman-teman disabilitas bisa mencapai potensi yang maksimal,'' kata Public Affairs & Sustainable Director L'Oreal Paris Indonesia Melanie Masriel di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7) lalu.

Kehadiran Angkie yang menerjemahkan kalimat-kalimat make up dari Ryan Ogilvy mempermudah penyandang tuna rungu untuk menonton tutorial kecantikan tersebut. Dia mengaku senang bisa berpartisipasi dalam program L'Oreal Paris ini.

''Semua wanita cantik. Kita jangan lihat dari keterbatasan saja. Cantik tidak hanya dari fisik, tapi juga hati. Kita bisa memaksimalkannya juga dengan make up. Ketika kita sudah pakai alis, bedak, dan blush on, maka kita lebih percaya diri dan merasa lebih rapi dan cantik,'' kata Founder and CEO Thisable Enterprise itu.

Angkie menjelaskan, adanya video tutorial make up dengan bahasa isyarat dapat membantu para wanita yang berkebutuhan khusus tampil lebih percaya diri. ''Kita semua tahu perempuan disabilitas semuanya cantik. Tinggal bagaimana meng-update skill kecantikan kita,'' paparnya.

''Bukan hanya soal pakai lipstik dan alis saja, tapi bagaimana pakai make-up dengan menggunakan teknik dan nantinya bisa bermanfaat bagi lingkungan. Karena disabilitas itu juga bisa mandiri,'' tambahnya. 

L'Oreal Indonesia juga memperkenalkan 10 bahasa isyarat berbagai produk make up. Mulai dari bedak hingga highlighter memiliki bahasa isyarat sendiri yang bisa mempermudah penyandang tuna rungu.

''Senang bisa membantu mempopulerkan beberapa kosa kata isyarat kecantikan karena dunia kosmetik sangat dinamis. Semoga langkah ini bisa membuat dunia kecantikan lebih inklusif untuk semua individu,'' kata Brand Ambassador Maybelline Velove Vexia. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tutorial-make-up #tuna-rungu 

Berita Terkait

IKLAN