Selasa, 13 November 2018 12:09 WIB
pmk

Nasional

Kementan Genjot Produksi dengan Irigasi Pompa dan Pipa

Redaktur: Ali Rahman

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Kementerian Pertanian (Kementan) RI optimistis Indonesia akan menjadi lumbung pangan pada 2045. Salah satu upaya mencapai target tersebut dengan optimalisasi irigasi pertanian.

Dengan jaminan ketersediaan air optimal maka petani akan bisa menanam kapan saja, sehingga produksi pertanian mudah untuk ditingkatkan. “Berdasarkan analisis dan tinjauan lapangan, faktor ketersediaan air irigasi merupakan faktor kunci sukses pencapaian target produksi," kata Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, di Jakarta, Selasa (24/7).

Sedangkan, Dirjen PSP Kementan Pending Dadih menegaskan bahwa tanpa air, pertanian tidak akan berjalan dengan baik dan tidak akan memberi hasil optimal. "Air mutlak bagi petani. Air menjadi kebutuhan mutlak bila ingin meningkatkan produksi padi dan mencapai swasembada beras," ujar dia.

Salah satu jenis irigasi inovasi dari Kementan adalah irigasi perpompaan dan perpipaan.

Prinsip dari Kegiatan Irigasi Perpompaan dan Perpipaan antara lain; mengambil air dari sumber (diverting); membawa/mengalirkan air dari sumber ke lahan pertanian (conveying); mendistribusikan air kepada tanaman (distributing); mengatur dan mengukur aliran air (regulating and measuring).

Sedangkan tujuan dari Kegiatan  Irigasi Perpompaan dan Perpipaan memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplai air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan serta budidaya ternak; meningkatkan intensitas pertanaman dan/atau luas areal tanam; meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan  kesejahteraan petani.

Memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai air irigasi, baik di daerah irigasi maupun nondaerah irigasi.

Kunci utama dari jenis irigasi perpompaan adalah terdapatnya sumber air. Walaupun posisi air di bawah permukaan lahan pertanian tidak menjadi masalah, karena menggunakan  pompa.

Dengan demikian lahani  pertanian yang tidak terjangkau dengan irigasi waduk dan bendung secar grafitasi masih bisa mendapatkan irigasi. (rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #irigasi-pompa-dan-pipa #lumbung-pangan-2045 #mentan-andi-amran-sulaiman #pending-dadih 

Berita Terkait

IKLAN