Rabu, 26 September 2018 08:04 WIB
pmk

Lifestyle

Potensi Bantal yang Memperparah Alergi

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Deeba Masood, seorang ahli alergi di Northwestern Medical Group mengatakan bahwa bantal sering menyimpan tungau debu yang sering menjadi penyebab alergi, asma dan eksim.

"Tungau debu adalah organisme mikroskopis yang ditemukan dalam debu dan mereka adalah alergen dalam ruangan yang paling umum," kata Masood, seperti dilansir laman Sheknows, Jumat (27/7).

Orang-orang bisa alergi terhadap exoskeleton dan kotoran. Ketika sistem kekebalan tubuh Anda bertemu dengan tungau debu, maka hal tersebut menghasilkan antibodi untuk melindungi Anda.

Reaksi ini bisa berkembang menjadi peradangan atau pembengkakan di saluran udara dan saluran hidung."

Dr. Neeta Ogden, seorang ahli alergi, spesialis asma dan ahli imunologi bahwa pemicu alergi umum seperti tungau debu dan serbuk sari bisa ditemukan di dalam dan di atas banyak bantal.

"Tungau debu biasanya bersembunyi di kasur dan bantal karena mereka makan dari sel-sel kulit kita," kata Ogden.

"Serbuk sari juga merupakan pemicu alergi umum yang sering terkumpul di rambut orang-orang dan kemudian dipindahkan ke bantal mereka ketika mereka berbaring," jelas Ogden.

Menyingkirkan semua bantal Anda pasti bukan solusi untuk tidur malam yang lebih baik, tetapi jangan khawatir - ada langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk memastikan bantal Anda tidak memicu alergi Anda saat Anda mencoba untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

Masood mengatakan bantal berisi bulu adalah yang paling mungkin mengumpulkan tungau debu.

Dia merekomendasikan untuk mengganti bantal dengan bantal yang berisi serat poliester dan menggunakan penutup alergen anti debu untuk menciptakan penghalang.

"Tungau debu tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab," jelas Masood.

"Menjaga kelembaban di rumah kurang dari 40 hingga 50 persen juga bisa bermanfaat," tambah Masood.

Selain menggunakan pelindung bantal yang melapisi alergen, Ogden menyarankan untuk mencuci bantal Anda dengan air panas setiap minggu untuk membunuh tungau debu yang ada.

"Alat pembersih udara juga bisa membantu menangkap dan menyaring alergen yang tersebar ke udara saat Anda membuat tempat tidur dan mengeluarkan bantal-bantal itu," tambahnya.

Untuk menghindari memindahkan serbuk sari ke bantal Anda, Ogden menyarankan untuk mandi dan mencuci rambut sebelum tidur selama musim alergi.

Pastikan rambut Anda kering sebelum Anda tidur, karena Rebecca Lee, perawat terdaftar dan pencipta Remedies For Me mengatakan bahwa tidur dengan rambut basah bisa mengundang jamur di bantal Anda.

Ketika Anda mencuci sarung bantal mingguan Anda, Lee merekomendasikan untuk mencuci seprai juga - dan pelindung bantal harus dicuci setiap dua minggu.

"Biarkan bantal benar-benar kering sebelum digunakan," pungkasnya. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tungau-debu #alergi 

Berita Terkait

IKLAN