Rabu, 19 September 2018 08:10 WIB
pmk

Kesehatan

Tanaman Kebun Perangsang Otak dan Ingatan

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Banyak orang yang menghabiskan uang hanya untuk membeli suplemen mewah guna meningkatkan kekuatan otak. 

Sekarang tidak perlu lagi, karena banyak tanaman kebun yang umum terbukti membantu menjaga otak Anda sehat dan meningkatkan fungsi memori.

Sebagian besar tanaman itu bisa dengan mudah ditanam di dalam ruangan dalam wadah atau di kebun. Penasaran? Baca terus untuk mengetahui beberapa pilihan terbaik untuk mendukung otak dan memori Anda, seperti dilansir laman Care2, Jumat (27/7).

1. PEPPERMINT

Peppermint memiliki banyak manfaat kesehatan. Satu penelitian meminta peserta untuk menyelesaikan tes fungsi kognitif di ruangan yang telah diinfuskan dengan aroma pepermin, dibandingkan dengan ruangan yang tidak beraroma.

Mereka yang berada di ruang peppermint secara signifikan meningkatkan fungsi memori dan meningkatkan kewaspadaan dibandingkan dengan mereka yang berada di ruangan yang tidak beraroma.

Cara menggunakan: Anda bisa menggantung karangan bunga peppermint segar atau kering di sekitar rumah Anda.

Secangkir teh peppermint yang hangat di samping ruang kerja juga bisa membantu Anda tetap waspada. Selain itu, peppermint bisa membuat tambahan lezat untuk salad, hidangan gurih dan makanan penutup.

2. SAGE

Sage terbukti efektif dalam mengobati penyakit Alzheimer dan meningkatkan daya ingat. Dalam sebuah penelitian, pasien Alzheimer yang mengonsumsi suplemen ekstrak sage setiap hari memiliki fungsi kognitif yang lebih baik dan tampak kurang gelisah setelah empat bulan.

Cara menggunakan: Sage bisa direndam menjadi teh dan dikonsumsi setiap hari.

3. TURMERIC

Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Satu penelitian menemukan bahwa peserta secara signifikan meningkatkan memori dan perhatian dalam satu jam setelah mengonsumsi suplemen kurkumin.

Empat minggu suplemen meningkatkan memori kerja mereka, tingkat energi dan ketenangan serta menurunkan tingkat stres mereka.

4. ROSEMARY

Rosemary (Rosmarinus officinalis) telah digunakan sebagai penambah memori selama ratusan tahun. Baru-baru ini, penelitian menunjukkan bahwa rosemary meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan memori jangka panjang.

Sebuah studi tahun 2013 yang menarik menemukan bahwa mencium rosemary meningkatkan peluang Anda untuk mengingat melakukan sesuatu.

Cara penggunaan: Tambahkan sekitar satu sendok makan (17 mililiter) rosemary kering ke satu cangkir (250 mililiter) air mendidih selama sepuluh menit. Minum setiap hari.

Gantung tandan rosemary segar atau kering di sekitar rumah untuk membantu Anda mengingat “daftar yang harus dilakukan” harian Anda.

5. THYME

Thyme terbukti meningkatkan kadar antioksidan di otak serta meningkatkan tingkat lemak sehat, seperti lemak omega-3.

Para peneliti percaya manfaat ini mungkin karena fakta bahwa thyme sangat tinggi dalam luteolin, yang merupakan flavonoid terbukti memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidan.

Thymus vulgaris (thymus vulgaris) dan thyme liar (Thymus serphyllum) keduanya telah terbukti aktif secara medis, meskipun varietas taman umum lainnya kemungkinan memiliki sifat yang sama.

Cara penggunaan: Tambahkan thyme ke salah satu hidangan favorit Anda dengan sendirinya atau campurkan ke dalam za'atar. Thyme juga berjalan dengan baik dalam teh herbal.

6. KALE

Di Yunani kuno, kale adalah sayuran favorit yang digunakan untuk membantu rematik, visi dan ingatan. Di zaman modern, kita sekarang tahu bahwa kale memiliki salah satu kepadatan nutrisi tertinggi dari sebagian besar makanan.

Kale mengandung lemak omega-3 yang mendukung otak. Kale juga merupakan sumber lutein yang sangat baik, pigmen tumbuhan yang ditelitkan oleh penelitian bisa membantu menjaga fungsi otak yang sehat serta meningkatkan pembelajaran dan memori.

Cara menggunakan, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Anda bisa menggunakan kale dalam segala hal, mulai dari smoothies, to tacos, hingga pizza. (cr3/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tanaman-kebun-perangsang-otak 

Berita Terkait

IKLAN