Rabu, 21 November 2018 11:08 WIB
pmk

Nasional

Ada di Belakang Layar, Pernah Kawal Internet Obama, Ini Peran SDPPI

Redaktur:

TUGAS-Sadjan, sekretaris Direktorat Jenderal (seditjen) SDPPI Kemenkominfo. Foto: Armanto/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Banyak orang yang tak tahu peran Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo). Padahal kehadiran SDPPI sangat membantu penyelenggaraan telekomunikasi di Indonesia, khususnya terkait dengan frekwensi atau gelombang. “Frekwensi yang dikenal masyarakat sebagai frekwensi radio. Padahal frekwensi juga untuk handphone (HP), televisi (TV), dan sebagainya,” ujar Sadjan, sekretaris Direktorat Jenderal (seditjen) SDPPI di sela acara IFAS-FEST 2018 (Innovations of Frequency and Standardization Festival) di Bogor, Kamis  (26/7).

Sadjan menambahkan, SDPPI berperan mengelola, memanfaatkan, mendisbribusikan frekwensi secara tepat kepada pengguna, operator, dan pemilik perangkat telekomunikasi. “Jadi tugas SDPPI itu sebagai tulang punggung broadband nasional, yang pemanfaatannya bisa menyasar semua sektor perbankan, ekonomi, kesehatan, dan sebagainya,” ujarnya.

“Jadi tugas kita (SDPPI, Red) sebenarnya berada di belakang layar. Kita gunakan telepon (HP, Red) selama 24 jam dengan enak itu berkat frekwensi yang baik,” jelas dia.

Tugas SDPPI Kemenkominfo juga terbilang berat. Apalagi terkait dengan even-even internasional. Ini karena menjadi pertaruhan wajah Indonesia di mata negara-negara lain. “Seperti saat Barrack Obama mengunjungi Indonesia. Kita mendapat informasi (diminta, Red) agar selama lawatan Obama di sini, mobilnya tidak boleh putus internetnya. Karena itu, kita dan operator menjaga agar jaringan internet jangan putus. Ini termasuk saat Obama berkunjung ke Istana Bogor. Selama perjalanan dari Jakarta ke Bogor, jaringan internet kita jaga jangan sampai error,” jelasnya.

Kunjungan Obama ke Indonesia terjadi pada 9-10 November 2010. Kala itu dia masih menjabat Presiden Amerika Serikat periode pertama (2009-2013). Kemudian pada 23 Juni - 2 Juli 2017, Obama juga berkunjung ke tanah air. Namun saat itu, jabatannya sudah bukan presiden.

SDPPI bersama operator juga akan mengemban tugas berat selama Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada pertengahan Agustus mendatang. Intinya jaringan internet jangan sampai putus. Sebelumnya Dirjen SDPPI Dr Ismail menjelaskan, untuk menunjang pelaksanaan Asian Games, dilakukan ujicoba 5G di Stadiun Gelora Bung Karno, Jakarta. Ini dilakukan supaya jaringan internet bisa berjalan lancar dan cepat.

Sementara itu, secara rinci tugas SDPPI seperti yang dijelaskan dalam website Kemenkominfo di antaranya merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidang sumber daya dan perangkat pos dan informatika.

SDPPI juga memiliki fungsi pelayanan publik. Fungsi layanan publik ini dilakukan melalui penerbitan izin spektrum frekuensi radio, termasuk pengaduan gangguan spektrum frekuensi radio, pengujian kompetensi dan sertifikasi operator radio, sertifikasi dan pengujian alat dan perangkat telekomunikasi. (aro)

 

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ditjen-sdppi #kemenkominfo #frekwensi #peran-tugas 

Berita Terkait

IKLAN