Senin, 19 November 2018 06:17 WIB
pmk

Jakarta Raya

Lebaran Betawi Tinggal Hitungan Hari

Redaktur:

DAYA TARIK-Lebaran Betawi selalu sukses menarik pengunjung dengan atraksi dan kuliner khasnya. Foto: DOK/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Unit Pengelola Kawasan (UPK) Setu Babakan menyiapkan empat titik parkir selama perhelatan Lebaran Betawi yang akan digelar di lokasi mulai 27-29 Juli 2018. Kasubag Tata Usaha Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Syaiful Amri mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Kecamatan Jagakarsa untuk menyiapkan lahan parkir.

"Khusus yang kami siapkan ada empat titik. Tapi juga koordinasi dengan yang memiliki wilayah," ujarnya, Kamis (26/7).

Dia menyebutkan, empat lokasi parkir yang disiapkan masing-masing Zona A yang dikhususkan bagi tamu VIP dan transit. Kemudian di Islamic Centre, lapangan bola dan Zona C seluas 3,8 hektare.

"Dua lokasi berada di dalam UPK Setu Babakan. Sisanya berada di luar kawasan," katanya.

Sekretaris Camat Jagakarsa Mundari mengaku telah meminta para pengelola pertokoan di sekitar Setu Babakan agar meminjamkan lahannya sebagai lokasi parkir. Selain itu warga sekitar juga diminta membantu dalam pengamanan parkir.

"Warga juga sudah diimbau untuk ikut serta menjaga keamanan saat acara," tandasnya.  Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah meminta, agar perhelatan Lebaran Betawi yang akan dilaksanakan pada 27-29 Juli nanti di Setu Babakan, Jagarkarsa, Jakarta Selatan, dipersiapkan secara maksimal. Dia mengatakan, Badan Musyawarah Masyarakat Betawi (Bamus Betawi) selaku penyelenggara harus intens berkordinasi dengan wali kota serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait agar kegiatan ini bisa berjalan lancar dan sukses. 

"Wali Kota, SKPD, dan Bamus agar mempersiapkan segalanya dengan maksimal," ujar Saefullah, saat memberikan arahan di ruang rapat Sekda I, Gedung Blok G, Balai Kota, Rabu (25/7) lalu. Saeffulah mengungkapkan, beberapa hal yang harus menjadi perhatian dalam pelaksanaan Lebaran Betawi nanti, diantaranya rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi, penyediaan lahan parkir, serta keamanan dan kenyamanan pengunjung. 

Sekjen Bamus Betawi Zamakh Sari menambahkan, pihaknya bersama SKPD dan wali kota di lima wilayah serta Bupati Kepulauan Seribu, selama ini rutin melakukan rapat koordinasi demi suksesnya gelaran Lebaran Betawi. "Rapat koordinasi kami dilakukan agar mengetahui tugas dan kewenangan masing-masing," terang Zamakh.

Diungkapkan Zamakh, pada Lebaran Betawi ke-11 ini akan ditampilkan aneka budaya dan kuliner serta kue buaya yang merupakan ciri khas hantaran Betawi. (ibl)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #lebaran-betawi 

Berita Terkait

Anna Mariana Fashion Show di Lebaran Betawi

Jakarta Raya

Lebaran Betawi Makin Meriah

Jakarta Raya

Setu Babakan Tuan Rumah Lebaran Betawi

Jakarta Raya

Lebaran Betawi Bisa Bikin Setu Babakan Mendunia

Nasional

Senator Jakarta sampaikan Tausiah di hadapan Jokowi

Jakarta Raya

IKLAN