Selasa, 20 November 2018 03:11 WIB
pmk

Kesehatan

Atasi Tumit Pecah-pecah dengan Empat Cara Mudah Ini

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kulit tumit pecah-pecah bisa mengganggu penampilan Anda. Bahkan terkadang, kondisi ini juga menyebabkan rasa sakit hingga berdarah.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara mengatasi tumit pecah-pecah.

Tumit pecah-pecah biasa terjadi akibat kulit terlalu kering. Kondisi ini biasa disertai dengan warna kulit yang tampak kekuningan atau cokelat serta menebalnya kulit pada area sekitar tumit.

"Jika Anda memiliki terlalu banyak gesekan atau geser pada kulit yang tebal, akhirnya lapisan akan terbelah," kata Jacqueline Sutera, seorang ahli penyakit kaki New York City, seperti dilansir laman Prevention, Rabu (25/7).

"Masalahnya semakin memburuk seiring bertambahnya usia karena Anda akan kehilangan pad lemak di bagian bawah kaki dan tubuh menggantikannya dengan callouses dan hal ini akan semakin memburuk seiring berjalannya waktu karena mereka bisa dengan mudah terinfeksi - dari bakteri, jamur, kutil, atau virus dan hal tersebut bahkan lebih berbahaya jika Anda memiliki diabetes atau masalah sirkulasi," jelas Sutera.

Namun jangan khawatir, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara alami berikut.

1. Lunakkan callhouses dengan cara yang benar
Menggosok terlalu agresif bisa memecah kulit lebih jauh. Anda mungkin memiliki tindakan penghalusan sementara dari pengajuan kaki, tetapi Anda tidak akan membantu retak di bawahnya.

Sebagai gantinya, setelah mandi atau berendam, ketika kulit bersih dan lunak, gunakan batu apung atau alat listrik seperti Amope Pedi Perfect Foot File hanya dalam satu arah untuk tumit Anda.

Tujuannya adalah untuk mengelupaskan lapisan atas kulit mati tanpa menarik kulit terpisah pada retakan mikro. Lakukan eksfoliasi setidaknya sekali seminggu atau hingga satu kali sehari.

2. Slick up strategically
Lembabkan segera dengan krim kaki — pastikan krim dan bukan lotion.

Pilih formula dengan asam laktat, asam salisilat, atau asam urat, yang merupakan bahan pengelupas yang akan membantu dengan lembut menggerogoti area yang menebal dan mencegah pertumbuhan kembali dari kutu terlalu cepat.

3. Taruh kaus kaki di atasnya
Tingkatkan kekuatan penyembuhan krim kaki Anda dengan menguncinya di malam hari dengan sepasang kaus kaki yang dilapisi dengan silikon, seperti Madholly Moisturizing Gel Socks.

4. Pilih sepatu yang tepat
Mengenakan sepatu dengan sol yang tepat juga bisa membantu menjaga tumit agar tidak retak. Jika Anda harus memakai sandal, Sutera menyarankan memilih sepasang sendal dengan sol tebal.

Pilih sepatu yang membuat kaki Anda sedikit terlepas dari tanah - jadi kotoran tidak masuk ke celah apa pun dan tidak memungkinkan Anda akan tergelincir atau menimbulkan gesekan. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #tips #kesehatan 

Berita Terkait

Bayi Prematur Juga Bisa Tumbuh Optimal

Internasional

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

IKLAN