Rabu, 19 September 2018 11:04 WIB
pmk

Nasional

Pesan Persaudaraan dari Timur Indonesia dalam Sepeda Nusantara Jayapura

Redaktur: Ali Rahman

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Jayapura bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sukses menghelat Sepeda Nusantara etape Marthen Indey dengan menempuh jarak 10 Km dalam rangka menyambut HUT RI ke-73, Sabtu (28/7).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw yang melepas rombongan menuturkan, even kali ini mengusung pesan persaudaraan dari timur Indonesia. Pesan ini sesuai dengan zona integritas kerukunan yang telah ia canangkan di Kabupaten Jayapura.

"Keberagaman yang kita miliki disini terus kita jaga kerukunannya dan itu sudah teruji, karena itu sangat pokok dan disaat berapa hal yang menimpa daerah ini kita bisa menyelesaikannya secara baik, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang mengganggu kebersamaan, persaudaraan dalam bingkai NKRI," ucap Mathius.

Masyarakat adat di Jayapura serta pemerintah daerah mengapresiasi terhadap kepada Presiden Joko Widodo, termasuk juga kegiatan Sepeda Nusantara dibawah program Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

"Beliau juga (Jokowi, red) kemana-manakan selalu bawa sepeda, ini merupakan pesan yang luar biasa, dalam kesederhanaan kita menciptakan suasana lingkungan yang sehat, dan saya pikir pesan-pesan moral melalui sepeda ini perlu kita terapkan dalam kehidupan," tambahnya.

Lebih lanjut, Mathius menyatakan, melalui ajang ini sekaligus menyuarakan suasana jelang Asian Games dan Asian Para Games 2018 di Tanah Air, di mana masyarakat dari Sabang hingga Merauke juga mendoakan serta mensuport kesuksesan ajang tersebut.

Sepeda Nusantara etape Marthen Indey itu sendiri mengambil start dari depan kantor Bupati di Gunung Merah menuju jalan raya Sentani Depapre, kemudian melewati Stadion Bas Youwe, lanjut menyusuri jalan Raya Sentani Abe menuju tempat finish di Pantai Khalkote, melalui kampung Harapan.

Digaris finish, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Kemenpora, Alman Hudri yang mewakili Menpora Imam Nahrawi mengucapkan rasa terimakasihnya telah digelarnya even Nasional yang mengajak masyarakat untuk bergerak, berolahraga dan bugar.

"Kami atas nama pemerintah pusat berterimakasih karena digelarnya ajang Sepeda Nusantara etape Marthen Indey di Kabupaten Jayapura ini. Kami bersyukur jika kegiatan ini menjelma menjadi 'virus' positif disini, karena tadi bapak Bupati mengatakan akan menggelar even sejenis secara rutin dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat," ucap Alman Hudri.

Selain masyarakat setempat, gelaran Sepeda Nusantara etape Marthen Indey ini juga diikuti oleh komunitas sepeda serta atlet PON Papua cabang road race seperti Priskila Wasanggai, Indri Toding, Anna Yoku, Amelia Romadhona Putri, Zulkifli bin Ahmad Syam serta Cheng Yoku. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #sepeda-nusantara #alman-hudri #kemenpora-ri #pemkab-jayapura #mathius-awoitauw 

Berita Terkait

IKLAN