Jumat, 16 November 2018 12:11 WIB
pmk

Kesehatan

Anda Bisa Tidur Lebih Lama di Akhir Pekan, Ini Alasannya

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Selama ini, Anda terbiasa mendengar bahwa Anda tidak bisa menebus waktu tidur yang kurang selama akhir pekan.

Namun, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Sleep, baru-baru ini, mengklaim jumlah total waktu tidur lebih penting daripada jumlah jam tidur yang mereka dapatkan pada malam tertentu.

Peneliti dari Universitas Stockholm menyimpulkan bahwa orang yang rata-rata tidur 5 hingga 8 jam setiap malam, memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidur dalam jarak di luar rentang tersebut.

Jika Anda rata-rata tidur lima jam atau lebih rendah selama seminggu, mendapatkan beberapa kali tidur ekstra selama akhir pekan mungkin bermanfaat.

Terutama jika Anda berusaha mendapatkan jadwal rutin tidur sehat yang konsisten selama hari kerja.

"Sepertinya Anda benar-benar bisa mengimbangi hal ini dengan tertidur saat akhir pekan," kata Torbjörn Åkerstedt, seorang profesor psikologi biologi di Center for Stress Research di Universitas Stockholm, seperti dilansir laman India Times, Sabtu (28/7).

"Mungkin ada batasnya juga, tapi tetap lebih baik untuk meningkatkan (menghabiskan waktu tidur) pada akhir pekan daripada tidak melakukannya sama sekali," pungkas Åkerstedt. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

Pasien Tinggal Datang, Tak Perlu Antre

Jakarta Raya

IKLAN