Kamis, 15 November 2018 11:27 WIB
pmk

Kesehatan

Olahraga Dapat Membantu Mental Anak Atasi Trauma

Redaktur: Redjo Prahananda

Ilustrasi.

INDOPOS.CO.ID - Pernahkah Anda mengalami masalah kesehatan mental atau mendengar orang lain menderita kondisi kesehatan mental pada paruh akhir hidup mereka tanpa mengetahui bagaimana keadaannya?

Nah, ada kemungkinan akar penyebabnya terletak pada beberapa bentuk pelecehan masa kecil yang mungkin tidak diketahui.

Namun, sebuah studi kesehatan masyarakat yang substansial mengklaim bahwa berolahraga dapat melindungi dan mencegah anak-anak mengembangkan masalah kesehatan mental di kemudian hari.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang telah mengalami pengalaman masa kecil yang merugikan/adverse childhood experiences (ACE) adalah dua kali lebih mungkin menderita penyakit jiwa.

Mereka juga empat kali lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2, tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dan tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit pernafasan.

Tipe ACE mencakup pelecehan seksual dan fisik, perpisahan orang tua dan hidup dengan kekerasan dalam rumah tangga dan penyakit jiwa.

Studi tersebut juga mengklaim bahwa mengambil bagian dalam kegiatan olahraga saat dewasa bisa memperbaiki keadaan mental Anda jika Anda memiliki masa kanak-kanak yang traumatis.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa orang yang memiliki empat atau lebih ACE adalah empat kali lebih mungkin didiagnosis menderita penyakit jiwa dan 10 kali lebih mungkin menyebabkan luka bakar sendiri atau memiliki keinginan untuk bunuh diri pada tahap tertentu.

"Tidak mungkin dari survei ini untuk mengeksplorasi apakah partisipasi dalam olahraga membangun ketahanan pada anak-anak atau apakah anak-anak dengan ketahanan lebih tinggi lebih tertarik pada olahraga," kata peneliti dari Health Health Wales (PHW) dan Bangor University, seperti dilansir laman India Times.

Studi ini juga mengungkapkan adanya hubungan yang jelas antara partisipasi orang dewasa dalam olahraga dan penyakit jiwa yang melampaui sekedar persaingan dan kesehatan fisik. (cr3/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

Pasien Tinggal Datang, Tak Perlu Antre

Jakarta Raya

IKLAN