Senin, 24 September 2018 12:56 WIB
pmk

Internasional

Gambarkan Netanyahu Sebagai Babi, Kartunis Israel Dipecat

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - SEORANG kartunis dari kantor berita The Jerusalem Post, Avi Katz, dipecat karena telah menggambarkan Perdana Menteri Israel Netanyahu dan para anggota parlemen sebagai babi.

Katz merilis karikatur dan diterbitkan di majalah The Jerusalem Report. Menurutnya, inspirasi karikaturnya ini mengambil inspirasi dari novelis George Orwell berjudul Animal Farm. Dalam karikatur yang dibuatnya, Katz mengganti sosok perdana menteri dan para anggota parlemen dengan babi yang mengenakan jas dan berfoto bersama usai pengesahan Undang-undang Negara Yahudi. Di bagian atas Katz menuliskan "Semua binatang sama, tetapi beberapa lebih sama dengan yang lain."

Karya Katz tersebut memicu reaksi dari masyarakat Israel. Ada yang mengecam karena menganggap babi sebagai hewan terlarang. Sementara lainnya mendukung dengan menganggapnya sebagai bentuk kebebasan berpendapat. Namun, The Jerusalem Post menganggap karikatur tersebut terlalu menghina dan menyerang penguasa. Lalu mereka memutuskan untuk menghentikan kerja sama dengan kartunis tersebut. "Sebuah kartun yang menunjukkan para pemimpin Israel dengan kepala babi menimbulkan bahaya, serta tidak memiliki tempat dalam publikasi kami," kata The Jerusalem Post dalam pernyataannya dilansir AFP.

Jurnalis Israel memberikan dukungan kepada Katz sebab menurut mereka karikatur tersebut terbit atas persetujuan editor. Perlu diketahui, karikatur tersebut masih terpajang di situs resmi majalah hingga Kamis (27/7). (ce1/iml/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #israel 

Berita Terkait

Israel Usir Pengungsi Syria

Headline

Israel Jadi Negara Eksklusif Yahudi

Internasional

IKLAN