Rabu, 14 November 2018 07:55 WIB
pmk

Internasional

Jubir Duterte Tolak Kabar Palsu Presiden Sakit

Redaktur:

Rodrigo Duterte. AFP PHOTO / NOEL CELIS

INDOPOS.CO.ID - BARU-BARU ini rumor mengenai kesehatan Presiden Filipina Rodrigo Duterte tersebar melalui internet. Duterte dikabarkan telah dilarikan ke rumah sakit.

Juru Bicara Presiden Filipina, Harry Roque telah memperingatkan orang-orang yang menyebarkan berita palsu menyusul rumor yang beredar di internet bahwa Presiden Rodrigo Duterte baru-baru ini dilarikan ke rumah sakit. Dia membantah rumor tersebut. "Kenyataannya adalah kejahatan untuk menyebarkan berita semacam ini. Tidak ada kebenaran tentang rumor ini,” kata Roque, Jumat (27/7).

Beredar kabar Duterte dibawa ke Pusat Medis Cardinal Santos di pinggiran Kota San Juan dalam situasi darurat. "Presiden baik-baik saja meskipun dia pergi untuk pemeriksaan rutin malam," jelas Roque seperti dilansir Gulf News.

Berita palsu mulai berdatangan sehubungan absennya Duterte di banyak kesempatan publik. Muncullah beberapa berita palsu yang mengabarkan bahwa dirinya mengalami sakit.

Rumor tersebut tersebut mulai beredar ketika Duterte melalukan kunjungan ke Korea Selatan selama tiga hari pada Juni lalu. Dirinya mengakui bahwa mengalami migrain selama perjalanan kembali ke Filipina.

Roque mengatakan, Presiden telah mengalami migrain sebelumnya. Namun, ini adalah pertama kalinya migrainnya kambuh saat perjalanan kembali naik pesawat. Sebelum kampanye pemilu 2016, Duterte mengaku bahwa dirinya kondisi kesehatannya tidak begitu baik. Dia menderita penyakit buerger dan esophagus barrett namun menurutnya tidak terlalu serius. (JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #filipina 

Berita Terkait

Kolonel Polisi Jual Narkoba Mati di Dor

Internasional

Topan Yutu Hantam Filipina, Puluhan Tewas

Internasional

Warga Sipil Laporkan Duterte ke Mahkamah Internasional

Internasional

Hasil Drawing Sesuai Skenario

Total Sport

Tim Davis Filipina Tak Remehkan Indonesia

Total Sport

Nyawa Penduduk Filipina Berada dalam Bahaya

Internasional

IKLAN