Nasional

Asian Games 2018 Memberikan Dampak Ekonomi Positif bagi Masyarakat

Redaktur: Ali Rahman
Asian Games 2018 Memberikan Dampak Ekonomi Positif bagi Masyarakat - Nasional

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Memaksimalkan Manfaat Asian Games 2018 untuk Indonesia" di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Minggu (29/7).

INDOPOS.CO.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengatakan, Asian Games 2018 bukan hanya kegiatan olahraga semata. Namun ada kesempatan kerja, usaha dan bisa mempengaruhi nilai tambah ekonomi.

Sebanyak 45 negara akan berpartisipasi dalam Pesta Olahraga Asia ke-18 itu, ada 462 pertandingan yang akan menyerap sekitar 2 juta penonton. Persebaran peserta dan pengunjung untuk Jakarta 70 persen dan Palembang 30 persen.

"Efek menetes ke bawahnya terhadap perekonomian adalah dengan menciptakan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan memperbaiki pendapatan masyarakat," ujar Bambang dalam Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Memaksimalkan Manfaat Asian Games 2018 untuk Indonesia" di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Minggu (29/7).

Bambang menambahkan dampak langsung terhadap ekonomi DKI Jakarta dapat mencapai Rp 22,0 T. Sedangkan untuk investasi konstruksi (2016-2018) Rp13,7 Triliun. Tambahan jumlah pengunjung dari luar DKI Jakarta 408.400 orang. "Intinya daerah DKI Jakarta akan naik 5,76 persen wisatawan mancanegara dan wisatawan domestik 1,42 persen," tambahnya.

Selain itu, beberapa sektor di Jakarta yang akan terkena dampak ekonomi positif dari Asian Games adalah rekreasi dan hiburan sebesar 26,10 persen. Penyiaran sebesar 2,81 persen. Konstruksi sebesar 0,51 persen. Hotel naik sebesar 2,17 persen," papar Bambang.

Untuk beberapa sektor di Sumatera Selatan juga akan meningkat pesat antara lain, sektor rekreasi dan hiburan sebesar 34,92 persen. Hotel sebanyak 7,57 persen. Konstruksi naik 1,83 persen. Disisi lain, Bambang mengingatkan bahwa pentingnya meningkatkan aset fisik paska penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Kita harapkan Asian games akan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. Langkah selanjutnya Bappenas adalah pendalaman dan penyempurnaan analisis dampak ekonomi pelaksanaan Asian Games melalui pelaksanaan survei (dilaksanakan selama Asian Games berlangung)," ungkapnya. (cr-2)

 

Berita Terkait

Nasional / Tidak Ada Lagi Orang Miskin di Indonesia pada 2030

Ekonomi / Kemiskinan Capai 9 Persen, Pemerintah Fokus Berikan Bansos

Total Sport / Popsivo-Samator Bertekad Kawinkan Gelar Proliga 2019

Indosport / Mobil Ini Dijanjikan untuk Hadiah Penonton Asian Games 2018

kampus kreatif / Mengenal Bilal Bilano Atlet Asian Games 2018

Total Sport / Sukses di Asian Games, Belum Tentu di SEA Games


Baca Juga !.