Kamis, 15 November 2018 03:38 WIB
pmk

Kesehatan

Bukan Cuma Kasih Sayang, Kurangnya Waktu Tidur juga Mempengaruhi Perilaku Anak

Redaktur: Ali Rahman

Ilustrasi. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Orang tua dan guru melaporkan lebih banyak masalah pada anak berusia 7 tahun yang tidak mendapatkan cukup tidur pada saat mereka masih balita dan memasuki usia pra-sekolah mereka, dibandingkan dengan anak-anak yang mendapatkan jumlah tidur yang cukup selama tahun-tahun awal kehidupan mereka.

"Anak-anak yang tidak mendapatkan jumlah tidur yang disarankan oleh para ahli memiliki lebih banyak kesulitan dengan konsentrasi, pengendalian emosi, pemecahan masalah dan juga memiliki masalah perilaku," kata penulis utama studi, Dr. Elsie Taveras, seperti dilansir laman Fox News, Senin (30/7)

"Apa yang kami temukan adalah bahwa kurang tidur pada anak dikaitkan dengan menurunnya fungsi eksekutif dan perilaku," jelas Taveras.

"Fungsi eksekutif yang dimaksud disini pada dasarnya adalah kemampuan otak untuk memproses informasi yang masuk dan menanggapi informasi itu," kata Taveras.

Taveras dan rekan-rekannya menganalisis data dari 1.046 anak-anak yang dimulai dari sebelum mereka lahir.

Peneliti kemudian menanyai para ibu tentang berapa lama anak-anak tidur pada usia 6 bulan, 3 tahun dan 7 tahun. Para ibu juga mengisi kuesioner kesehatan setiap tahun.

Kurang tidur didefinisikan dengan tidur kurang dari 12 jam pada bayi, kurang dari 11 jam pada anak berusia 3-4 dan kurang dari 10 jam untuk anak-anak berusia 5 sampai 7 tahun.

Ibu dan guru diminta untuk mengevaluasi fungsi dan perilaku menggunakan kuesioner eksekutif masing-masing anak ketika mereka berusia 7 tahun.

Anak-anak yang tidur kurang dari 10 jam per hari pada usia 3 sampai 4 tahun memiliki skor yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidur normal.

Hasilnya sama untuk berusia 5-7 tahun yang tidur kurang dari 9 jam setiap malam.

Taveras mengatakan bahwa menjadi konsisten dengan jadwal dan rutinitas dan pengaturan waktu tidur yang sesuai dengan usia seorang anak merupakan suatu hal yang sangat penting. (cr3/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan #anak-anak 

Berita Terkait

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

Dehidrasi Sebabkan Batu Ginjal

Jakarta Raya

Pasien Tinggal Datang, Tak Perlu Antre

Jakarta Raya

IKLAN