Selasa, 20 November 2018 03:16 WIB
pmk

Kesehatan

Waspadai Berat Badan Bertambah karena Stres

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - Stres adalah masalah yang biasa melanda orang-orang pada saat ini. Urusan pekerjaan, kuliah, rumah tangga, sosial kemasyarakatan yang semakin kompleks memuat orang-orang rentan terkena stres.

Menurut penelitian, stres tidak hanya membuat tubuh kurus tapi bisa juga membuat tubuh gemuk. Mengapa bisa demikian?

"Pada saat stres, tubuh kita melepaskan hormon kortisol," kata seorang dokter yang bersertifikat dewan dalam pengobatan obesitas, Dr. Charlie Seltzer, seperti dilansir laman MSN, Senin (30/7).

Kortisol juga dikenal sebagai alter ego hormon stres. Dengan sendirinya, kortisol tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

"Ini adalah hormon katabolik yang menyebabkan penurunan berat badan dengan memecah otot dan lemak," kata Amanda Barnes, MS, RDN, pemilik Amanda Barnes Fitness.

"Tapi itu sayangnya, tidak berarti bahwa lebih banyak tekanan sama dengan penurunan berat badan. Kortisol sebenarnya adalah perangsang nafsu makan," sambung Dr. Seltzer.

Itulah alasannya mengapa ketika Anda sedang stres, Anda ingin makan. Dan Anda bisa memiliki waktu yang lebih sulit untuk mengatakan tidak pada makanan berlemak tinggi lemak.

"Menambah berat badan karena stres sangat umum dan sebenarnya ada alasan fisiologis kita cenderung makan lebih banyak dan mendambakan makanan yang lebih tidak sehat ketika kita stres," kata Barnes.

"Ketika Anda makan jenis makanan ini, otak Anda melepaskan dopamine," Barnes menjelaskan.

Dopamine mengaktifkan pusat kesenangan di otak kita. Ini adalah lingkaran terus menerus yang mengarah ke peningkatan nafsu makan dan mengidam, yang pada gilirannya bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Stres kronis juga bisa menyebabkan adrenal Anda menjadi rusak. Kelenjar adrenal Anda bertanggung jawab untuk melepaskan kortisol, tetapi mereka bisa terbakar jika Anda stres secara konsisten.

Hal ini bisa menyebabkan kelelahan adrenal, yang bisa menyebabkan Anda bertambah gemuk.(jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Bayi Prematur Juga Bisa Tumbuh Optimal

Internasional

Jangan Biarkan Kanker Meredupkan Mimpi

Jakarta Raya

Hampir Capai Seratus Persen

Jakarta Raya

Anak Sering Mual dan Muntah, Waspadai Ginjal

Jakarta Raya

Radang Sebabkan Gigi Cepat Ompong

Jakarta Raya

Kuncinya, Gizi Seimbang Ditambah Susu

Jakarta Raya

IKLAN