Jakarta Raya

Anies Ingin Pelican Crossing Disosialisasikan

Redaktur:
Anies Ingin Pelican Crossing Disosialisasikan - Jakarta Raya

BARU DIBUAT-Pejalan kaki melintasi Pelican Crossing untuk menyebrang di Bundaran HI, Jakarta, Senin (30/7). Pelican Crossing tersebut difungsikan sebagai pengganti Jembatan Penyebrangan Orang (JPO). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus membenahi Jalan Sudirman-Thamrin. Setelah tuntas pada trotoarnya 22 Juni lalu, Pemprov DKI terus bebenah. Setelah belum lama JPO Bundaran HI dirobohkan, Pemprov DKI kini mengantinya dengan pelican crossing. Jalur penyeberangan bagi pejalan kaki tersebut, kemarin telah digunakan untuk warga.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak akan tergesa-gesa membuat pelican crossing di Jalan MH Thamrin tersebut permanen. Pasalnya pemerintah provinsi DKI Jakarta kini tengah membangun penyeberangan underpass yang terintegrasi dengan pembangunan MRT. “Kita pakai dulu pelican crossing, sembari menunggu penyeberangan underpass. Jadi enggak usah tergesa-gesa untuk permanenkan pelican crossing,” ujar Anies Baswedan di Jakarta, Senin (30/7).

Anies menyebutkan, akan melakukan kajian untuk membuat rambu di pelican crossing. Namun demikian, pihaknya tetap mempertimbangkan faktor kelancaran lalu lintas. Pasalnya, penggunaan pelican crossing bisa berpotensi lalu lintas akan terganggu. “Kalau ada underpass, potensi lalu lintas akan lancar. Tapi kita harus tunggu tuntaskan dulu pengerjaannya,” katanya.

Untuk membantu sosialisasi, menurut Anies pihaknya akan menempatkan petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub). Petugas disiapkan untuk memberi pengarahan kepada pengendara. “Petugas untuk pembiasaan. Masih banyak pengendara yang belum terbiasa,” terangnya.

Anies menyebutkan, selain sosialisasi, penempatan petugas Dishub juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pejalan kaki maupun penyandang disabilitas yang hendak menyeberang. “Petugas akan siaga 24 jam, agar pejalan kaki aman menyeberang,” katanya. (nas)

Berita Terkait

Megapolitan / Jaga Pemilu Damai, Anies Minta Warga Bantu Pengamanan

Megapolitan / Anies Imbau Seluruh Pihak Pastikan Jakarta Aman 

Megapolitan / Anies Minta Guru Didik Siswa agar Berkreativitas

Megapolitan / Anies akan Atur Dana Swakelola Masyarakat


Baca Juga !.