Senin, 19 November 2018 10:58 WIB
pmk

Nusantara

Ombak Pantai Selatan Mengamuk, Wisatawan Diingatkan Tak Berenang

Redaktur: Ali Rahman

Ombak di Pantai Selatan, Lombok.

INDOPOS.CO.ID - Wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan Lombok Tengah diminta untuk tidak berenang atau beraktivitas di perairan. Imbauan ini diumumkan mengingat kondisi cuaca yang kurang bersahabat. “Imbauan ini juga berlaku bagi seluruh nelayan,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng H. Muhammad di kantornya, Senin (30/7)

Menurutnya, hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Nusa Tenggara Barat (NTB) ketinggian ombak laut mencapai 4 meter, bahkan 6 meter. Kondisi itu sangat berbahaya.

Meski tak terjadi banjir rob seperti di KLU dan Lobar warga pesisir diminta tetap waspada. BPBD pun telah memasang rambu-rambu evakuasi. “Tolong ini diperhatikan dan dilaksanakan,” katanya.

Ia memperkirakan kondisi ini akan berlangsung sekitar tiga hari kedepan. Jika sudah normal pihaknya mempersilakan wisatawan beraktivitas seperti biasa. Begitu pula para nelayan, bisa mencari ikan. Pantauan Lombok Post, di Pantai Kuta dan Pantai Awang, ombak menggulung besar dan ganas. Wisatawan pun hanya bisa berfoto di pesisir, ada yang sambil duduk-duduk, berjalan hingga berlari.

Kondisi ombak seperti itu juga, dimanfaatkan warga memancing ikan di dermaga PPN Teluk Awang. Namun, mereka dilarang terlalu dekat dengan areal pantai. “Karena memang berbahaya. Sewaktu-waktu ombak, hujan dan angin kencang datang,” tambah mantan Kabag Aset Setda Loteng tersebut. (ind/jpg)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ombak-pantai-selatan #ntb #bpbd-loteng #h-muhammad 

Berita Terkait

IKLAN