Rabu, 21 November 2018 11:09 WIB
pmk

Ekonomi

ICCTF Sosialisasikan Praktik Menanggulangi Perubahan Iklim di Indonesia

Redaktur: Ali Rahman

Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, Gellwynn Jusuf dslam acara ICCT Day 2018 di Gedung Saleh Affif, Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Selasa (31/7). Foto: cr-2/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kementerian PPN/Bappenas melalui satuan kerja Indonesia Climate Change Trust Fund (ICCTF) menggelar acara ICCT Day 2018 yang diselenggarakan di Gedung Saleh Affif, Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat. Selasa (31/7).

Acara ini bertujuan sebagai sosialisasi upaya-upaya penanggulangan perubahan iklim, serta mengiplementasikan kegiatan mitigasi dan adaptasi penurunan emisi gas rumah kaca.

Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, Gellwynn Jusuf mengatakan, komitmen Indonesia dalam menangani perubahan iklim melalui implementasi kebijakan dan rencana aksi yang komprehensif.

"Sebagai sistem integrator, Kementerian PPN/Bappenas berperan penting untuk memastikan upaya tindak lanjut komitmen tersebut dengan pendekatan integratif, tematik, dan spesial," ujar Sekretaris Kementerian PPN/Bappenas, Gellwynn Jusuf, di Gedung Saleh Affif, Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Selasa (31/7).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Arifin Rudiyanto menyambut baik penyelenggaraan ICCT Day 2018.

Menurutnya kegiatan ini dapat menjadi salah satu sarana untuk menunjukan komitmen pemerintah Indonesia dalam menangani dan menanggulangi perubahan iklim. "Ajang ini sebagai kolaborasi dengan berbagai pihak merupakan faktor kunci kesuksesan penanganan masalah perubahan iklim di Indonesia," tutur Arifin Rudiyanto.

Direktur Eksekutif Sekretariat ICCTF, Tonny Wagey mengungkapkan kegiatan ini tidak semata berkontribusi pada penurunan emisi gas rumah kaca, melainkan juga pada aspek penting lainnya, sebagai contoh berkaitan dengan ekosistem pesisir dan laut.

"ICCTF akan mengembangkan dua potensi utama yang belum dimanfaatkan secara optimal yaitu, pengembangan energi terbarukan dan blue carbon," jelas Tonny Wagey.

ICCTF merupakan satu-satunya lembaga dana perwalian di Indonesia untuk perubahan iklim yang dikelola oleh pemerintah Indonesia. Dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan efisiensi koordinasi dalam penanggulangan perubahan iklim di Indonesia sesuai Rencana Aksi Nasional/Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAN-GRK). (cr-2)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kementerian-ppnbappenas #gellwynn-jusuf #arifin-rudiyanto #indonesia-climate-change-trust-fund #icct-day-2018 #tonny-wagey 

Berita Terkait

IKLAN