Senin, 24 September 2018 10:52 WIB
pmk

Politik

Sambangi KPU, PKB Ganti 3 Bacaleg Eks-Napi Koruptor

Redaktur: Redjo Prahananda

Jajaran Pengurus PKB yang dipimpin Sekjen PKB Abdul Kadir Karding saat mendaftarkan Bacaleg ke KPU pada Selasa (17/7). Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengganti tiga bakal calon anggota legislatif tingkat pusat. Alasan penggantian karena mereka merupakan mantan nara pidana korupsi.

Ketua DPP PKB Mohammad Lukman Eddy mengatakan ketiga bacaleg itu berasal dari Bangka Belitung, Aceh dan Sulawesi Tenggara. “Kami cuma tahu 3 ini DPR RI. Calon lain ( bacaleg eks napi korupsi) di level masing-masing (tingkat kabupaten dan provinsi)," kata dia di Kantor KPU RI Menteng Jakarta, Selasa (31/7).

Anggota Komisi II DPR RI ini menyebut ketiga bacaleg akan diganti dengan bacaleg cadangan dalam partainya. Namun Lukman enggan merinci nama-nama tersebut. “Ternyata kami punya cadangan (bacaleg) banyak," ujar dia singkat.

Langkah partai pimpinan Muhaimin Iskandar ini diambil lantaran mereka tahu ada bacaleg tersandung kasus korupsi serta ingin mematuhi aturan KPU. "Kami tahu latar belakang mereja napi, kami ikut KPU,” ucap dia

Regulasi ini tercantum dalam Peraturan KPU No 20 Tahun 2018 pasal 7 Ayat 1 huruf h tentang larangan calon legislatif. KPU bakal  mencoret daftar caleg bila pernah menjalani pidana pada hukuman korupsi, kejahatan seksual dan terorisme.

Sedangkan hari ini terakhir masa perbaikan persyaratan bacaleg. KPU bKal menutup masa perbaikan pada pukul 24.00 WIB.(jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pkb #kpu #pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN