Senin, 24 September 2018 03:15 WIB
pmk

Liga Indonesia

Timnas Indonesia U-16 Dapat Pelajaran Penting dari Myanmar

Redaktur:

SENGIT - Pemain Indonesia Amirudin Bagas Kaffa Arrizqi berusaha melewati kawalan pemain Myanmar di Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (31/7).

INDOPOS.CO.ID - Timnas Indonesia U-16 sukses meraih kemenangan kedua di ajang Piala AFF U-16 2018. Namun, kali ini mereka harus berjuang keras untuk bisa meraih kemenangan tipis 2-1 atas Myanmar di Stadio Gelora Delta, Sidoarjo, Selasa (31/7) malam.

Laga melawan Myanmar menjadi sarana belajar Timnas U-16 untuk mengatur emosi akibat permainan keras dan provokasi lawan.

Indonesia unggul cepat berkat aksi menawan Amiruddin Bagus Kahfi pada menit kedelapan. Bagus menerobos pertahanan Myanmar dan mengakhirinya dengan finishing sempurna. Sepakannya gagal ditepis kiper Nay Lin Htet. Indonesia unggul 1-0.

Myanmar tak mau kalah. Mereka mengancam melalui tendangan bebas Aung Ko Oo menit ke-14. Namun, bola berhasil ditepis keluar oleh kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi. Semenit berikutnya giliran La Min Htwe yang membahayakan gawang Indonesia. Lagi-lagi bola dihentikan Ernando.

Serangan bertubi yang dilancarkan Myanmar menciptakan kemelut di depan gawang Indonesia pada menit ke-17. Namun, Myanmar tak mampu memaksimalkannya menjadi gol penyama kedudukan.

Peluang emas untuk Myanmar tercipta kala Min Htwe hanya tinggal berhadapan dengan kiper. Akan tetapi sepakan on target Min Htwe dapat ditepis Ernando. Sisi kiri pertahanan menjadi titik lemah Indonesia pada 20 menit awal babak pertama. Serangan-serangan Myanmar acap kali datang dari sektor yang dijaga Fadilah Nur Rahman tersebut.

Sempat tertekan selama 15 menit, Indonesia justru mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-26. Berawal dari serangan balik, Bagus Kaffi berlari sendirian melewati adangan dua bek lawan. Dengan sangat tenang Bagus menaklukkan kiper Nay Lin Htet. Ini menjadi gol keempatnya sepanjang Piala AFF U-16 2018.

Babak kedua berjalan lebih kera. Para pemain Myanmar tidak segan menghentikan pergerakan penggawa Indonesia dengan kekerasan. Bahkan mereka seperti bermain gulat, bukan sepak bola. Para pemain Myanmar juga kerap memprovokasi pemain Indonesia. Sayang wasit kurang dalam jeli sehingga pemain Myanmar luput dari hukuman.

Myanmar akhirnya mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-72. Penalti itu diberikan karena wasit menganggap ada pelanggaran yang dilakukan kiper Ernando kepada pemain Myanmar. Meski sangat jelas kalau Ernando lah yang mendapat gangguan dari pemain Myanmar.

Eksekusi Zaw Win Thein berhasil mengubah skor menjadi 2-1 bagi Indonesia. Setelah melewati tambahan waktu 5 menit, pertandingan pun usai. Skor akhir masih 2-1 untuk Indonesia. (saf/jpc)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #timnas-indonesia-u-16 #piala-aff-u-16 

Berita Terkait

Kejutan dari si Kembar di Laga Pembuka

Liga Indonesia

Momen Bentuk Kerangka Tim Garuda Asia

Indosport

Fakhri Husaini, Dari Pupuk Kaltim untuk Indonesia

Nusantara

Bagus-Bagas yang Terinspirasi Film Kartun Captain Tsubasa

Liga Indonesia

Bagus-Bagas yang Terinspirasi Film Kartun Captain Tsubasa

Liga Indonesia

Malaysia Raih Gelar Hiburan di Piala AFF U 16

Indosport

IKLAN